masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tahu Alasan Kenapa Ada Buah Luarnya Mulus Dalamnya Busuk? Ternyata Ini Penyebabnya
Sering membuat tertipu banyak orang, ternyata ini alasan kenapa buah terlihat mulus di luar tapi busuk di dalam


Berawal dari keresahan TS yang mungkin juga dialami oleh banyak dari Agan Sista terutama para emak-emak yang hobi belanja buah-buahan di pinggir jalan.

Buah-buahan selain dapat dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan saat GanSis berkunjung ke rumah teman atau saudara, terutama dibawa saat menjenguk orang sakit karena buah dipercaya kaya akan manfaat sebab mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Panen buah dari kebun sendiri tentu sudah dapat dipastikan kualitasnya karena Agan Sista melihat secara langsung bagaimana buah mulai tumbuh sampai dengan siap panen dan dirawat agar buah masak dengan sempurna.

Berbeda saat GanSis membeli buah di pedagang-pedagang buah yang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan. Meskipun tidak semua penjual buah pinggir jalan curang dalam berdagang karena mengurangi berat timbangan atau menjual buah dengan kualitas buruk, tetapi ada oknum-oknum nakal yang dengan sengaja menjual buah dengan kualitas rendah untuk mendapatkan banyak keuntungan.




Sebagaimana yang TS alami, tergiur dengan murahnya harga mangga yang dijual di pinggir jalan berujung dengan kekecewaan.

Pasti Agan dan Sista pernah mengalami kondisi serupa dimana membeli buah dengan harga murah tetapi tertipu karena buah yang terlihat mulus di bagian luar ternyata busuk di bagian dalam daging buah.

Berasal dari rasa penasaran TS karena beli buah semua busuk pada bagian dalamnya, ternyata ada alasan logis yang menyebabkan kenapa ada buah yang terlihat segar pada bagian luar tetapi busuk pada bagian dalam.

Usut punya usut ternyata penyebab dari busuknya buah yang terlihat mulus pada bagian luarnya yaitu disebabkan oleh serangga lalat buah atau biasa disebut Bactrocera sp. Lalat buah ini tidak hanya menyerang buah-buahan saja melainkan juga dapat merusak sayuran bahkan cabai, sehingga lalat buah menjadi hama musuh bagi para petani.

Adapun cara lalat buah membuat buah-buahan busuk pada bagian dalam dan mulus pada bagian luar buah yaitu dengan menusukkan ovipositor pada buah dan meletakkan telurnya pada lapisan epidermis buah. Telur dari lalat inilah yang nantinya akan berubah menjadi ulat dan merusak daging buah hingga mengalami kebusukan lebih cepat.




Berikut tadi GanSis alasan kenapa ada buah-buahan yang memiliki tampilan mulus pada bagian luar dan busuk pada bagian dalam.

Tentu untuk mencegah adanya lalat buah menyerang buah-buahan atau sayuran yang ditanam para petani memiliki cukup banyak cara. Entah itu dengan membungkus buah agar tidak mudah tersengat lalat buah, atau dengan memberikan obat serangga yang bisa membuat lalat buah enggan mendekat apa lagi membuat ulah dengan bertelur pada bagian dalam buah-buahan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
jagotorpedo
64m64n9s
screamo37
screamo37 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.4K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.