Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!
Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!
Menguak istilah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, ternyata ini penyebab dan alasannya


Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, merupakan istilah yang sudah lama ada dan diperuntukkan khusus sebagai definisi kondisi dimana seorang anak memiliki kemiripan atau kepercisan dengan orang tuanya.

Tentu alasan kenapa buah dapat jatuh tepat di bawah pohonnya yaitu karena adanya gravitasi bumi, tetapi apa yang membuat seorang anak bisa mirip dengan orang tuanya? Apakah masih berkaitan dengan adanya gravitasi bumi atau ada alasan lain yang dapat mempengaruhinya?

Pasti Agan dan Sista pun bertanya-tanya, terutama GanSis yang sudah menjadi orang tua dan melihat bahwa bukan hanya wajah yang memiliki kemiripan dengan kalian melainkan juga sifat serta karakter yang memiliki kemiripan.

Berikut ini beberapa alasan kenapa seorang anak menjadi duplikat dari orang tuanya atau memiliki kemiripan di beberapa hal termasuk dengan bentuk wajah, fisik, karakter, bahkan juga sifatnya.


Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!


1. Mewarisi Gen

Jika Agan dan Sista belajar tentang ilmu biologi di sekolah, tentu pernah diajarkan tentang bagaimana sistem pembuahan pada manusia.

Seorang anak diketahui mewarnai 23 kromosom ibu dan 23 kromosom ayah, itulah sebabnya seorang anak dapat mirip ibu atau ayah mereka dari bentuk fisik maupun penyakit bawaan lahir bahkan juga gangguan mental atau kepribadian.

2. Meniru dan Mencontoh

Saat yang mirip pada diri seorang anak adalah karakter atau sifat mereka yang sama persis dengan orang tuanya tentu itu karena seorang anak meniru dan mencontoh apa yang orang tua mereka lakukan.

Seorang anak yang dididik dan diasuh oleh orang tuanya akan cenderung lebih mirip dengan orang tuanya, begitupun saat seorang anak diurus oleh baby sitter secara penuh tanpa melibatkan orang tua secara intens, maka seorang anak dapat tumbuh sesuai apa yang dicontohkan oleh pengasuhnya.

3. Menjadikan Role Model

Seorang anak dapat sangat mirip dengan orang tuanya baik dari karakter atau sifat entah itu baik atau buruk adalah karena seorang anak menjadikan orang tuanya sebagai role model.

Dunia seorang anak tidak lebih luas dari dunia orang dewasa, itulah sebabnya seorang anak menjadikan orang tua sebagai panutan. Kondisi ini dapat berubah saat seorang anak telah memahami baik dan buruk, tetapi bisa juga seorang anak tetap menjadikan orang tuanya sebagai role model meskipun itu buruk atau tidak baik dengan alasan mereka menganggap itu sebagai hal yang wajar.

Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!


Nah, itulah tadi GanSis beberapa alasan kenapa seorang anak dapat mirip dengan orang tuanya baik dari segi bentuk fisik maupun karakter dan sifatnya.

Tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya terkait istilah dan kata pepatah terkait buah jatuh tidaj jauh dari pohonnya, karena memang buah yang jatuh jauh dari pohonnya hanya ada beberapa jenis buah atau karena dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal lainnya.


Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya? Ini Penyebab Anak Mirip dengan Orang Tuanya!


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
darkwilliam00gg
davianjustice
arsenalkufc
arsenalkufc dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.7K
109
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.