Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Lepaskan Tembakan di Bandara Bilorai Sugapa, Pesawat Gagal Mendarat


Jonh Roy Purba - detikSulsel
Selasa, 07 Mar 2023 21:11 WIB

Foto: Ilustrasi pesawat. (Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Intan Jaya - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melepaskan tembakan di Bandara Bilorai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Aksi teror KKB ini menyebabkan pesawat gagal mendarat hingga aktivitas penerbangan disetop sementara.
Insiden tersebut terjadi pada Selasa (7/3) sekitar 07.55 WIT. Aktivitas dua maskapai penerbangan terganggu akibat upaya penembakan KKB tersebut.

"Pertama kali dialami Pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan Cargo. Saat kegiatan bongkar barang Cargo oleh Porter, kemudian terdengar bunyi tembakan sebanyak 5 kali sehingga masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pos Pol Bandara," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada detikcom, Selasa (7/3/2023).

Benny mengatakan, KKB melanjutkan aksi terornya sekitar pukul 08.20 WIT ketika Pesawat Daby Air ingin mendarat di Bandara Billorai. Atas kejadian itu pesawat diarahkan untuk kembali ke Kabupaten Nabire.

"Untuk pesawat Daby Air gagal landing. Sebab saat hendak landing diganggu, hingga akhirnya pesawat tersebut diarahkan untuk kembali ke Nabire karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan akibat gangguan tersebut," paparnya.

Namun Benny menegaskan, insiden itu tidak menimbulkan korban jiwa. Pesawat juga tidak mengalami kerusakan.

Sementara Kepala Bandara Bilorai Sugapa, Sunarsa membenarkan adanya teror penembakan KKB itu. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Paskhas di Sugapa.

"Kami sudah koordinasi dengan Komandan Paskhas di Sugapa. Itu tidak nembak pesawat, istilahnya (cuma) buang tembakan saja," kata Sunarsa yang dikonfirmasi terpisah.

Informasi yang diterima pihak bandara dari petugas keamanan Bandara Bilorai bahwa tidak ada pesawat yang terkena tembakan. Hanya saja teror itu mengganggu aktivitas penerbangan.

"Info dari Komandan Paskhas tidak ada (pesawat) yang ditembak. Kepastiannya kan kami belum tahu pasti, cuma info dari Paskhas begitu. Jadi pesawat juga tidak ada yang kena (tembakan)," ujarnya.

Akibat teror ini, aktivitas penerbangan baik yang masuk maupun keluar Bandara Bilorai untuk sementara waktu dihentikan. Sunarsa mengatakan situasi di bandara saat ini rawan terkendali.

"Sementara situasi bandara rawan terkendali. Untuk aktivitas penerbangan sementara ditunda dulu karena kondisi belum kondusif. Nanti kalau kondusif mungkin bisa terbang lagi sambil koordinasi dengan Paskhas," pungkasnya.

https://www.detik.com/sulsel/berita/...agal-mendarat.

Teroris kembali melancarkan serangan...

KKB Juga Tembak TNI di Intan Jaya Selain Lancarkan Serangan di Bandara

Jonh Roy Purba - detikSulsel
Selasa, 07 Mar 2023 22:17 WIB

Foto: Ilustrasi penembakan. (AFP)
Intan Jaya - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Apen Kobogau menyerang anggota TNI di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Kelompok teroris ini sebelumnya juga menebar teror dengan melepaskan tembakan di Bandara Bilorai Sugapa.
"KKB yang mengaku sebagai Kodap VIII Intan Jaya dipimpin Apen Kobogau dan Apertinua Kobogau mengganggu aktivitas penerbangan dan menyerang aparat TNI Polri," ungkap Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri dalam keterangannya, Selasa (7/3/2023).

Penyerangan KKB terhadap anggota TNI itu terjadi di sekitaran Sungai Bawah Bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (7/3). Kontak tembak antara KKB dengan TNI sempat terjadi.

"Hingga sore tadi aparat masih melakukan kontak tembak bersama KKB. Diduga ini adalah ulah KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau yang bersama dengan Apertinus Kobogau," paparnya.

"Kami juga menduga kelompok tersebut ingin mengganggu aktivitas bandara. Namun hal ini akan kami telusuri lebih lanjut," sambung Afrizal.

Afrizal menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama penanggung jawab Bandara Billorai Sugapa. Pihak bandara diminta menghentikan sementara aktivitas penerbangan jika situasi belum membaik.

"Tadi aparat gabungan mendapat gangguan tembakan sampai 3 kali. Namun tentunya anggota melakukan balasan tembakan untuk perlindungan," paparnya.


Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, KKB sempat melakukan penyerangan di bandara. Gangguan itu dialami 2 maskapai penerbangan pada Selasa (7/3) sekitar pukul 07.55 WIT.

"Pertama kali dialami Pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan Cargo. Saat kegiatan bongkar barang Cargo oleh Porter, kemudian terdengar bunyi tembakan sebanyak 5 kali sehingga masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pos Pol Bandara," kata Benny.

Tak sampai di situ, KKB juga melakukan teror sekitar pukul 08.20 WIT ketika Pesawat Daby Air ingin landing di Bandara Bilorai. Atas kejadian itu pesawat diarahkan untuk kembali ke Kabupaten Nabire.

"Untuk pesawat Daby Air gagal landing. Sebab saat hendak landing diganggu, hingga akhirnya pesawat tersebut diarahkan untuk kembali ke Nabire karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan akibat gangguan tersebut. Atas peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun kerusakan terhadap pesawat," tuturnya.
https://www.detik.com/sulsel/berita/...an-di-bandara.

Kontak senjata teroris dengan TNI
nomorelies
udmin
udmin dan nomorelies memberi reputasi
2
800
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.