Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Perang Rusia-Ukraina Bakal "Makan Korban" Baru: China


Jakarta, CNBC Indonesia - Perang Rusia dan Ukraina sepertinya akan memakan "korban baru". Ini tak lain adalah China.
Pasalnya, Amerika Serikat (AS), kini mencari cara untuk menjatuhkan sanksi baru ke Beijing. Bahkan Paman Sam dikabarkan gencar meminta dukungan sekutunya.
Hal ini tak lain akibat tudingan "memberi dukungan ke Rusia untuk perangnya di Ukraina". Mengutip Reuters, ada empat sumber pejabat mengatakan itu. 


"Konsultasi, yang masih dalam tahap awal, dimaksudkan untuk menggalang dukungan dari berbagai negara, terutama yang berada di Kelompok 7 (G7), untuk mengoordinasikan dukungan untuk segala kemungkinan pembatasan," tulis media itu, dikutip Kamis (2/3/2021).
"Tidak jelas sanksi spesifik apa yang akan diajukan Washington," tamah media tersebut lagi.
Besar kemungkinan sanksi diberi Kementerian Keuangan Janet Yallen. Namun lembaga itu belum mau berkomentar. 


Dalam beberapa pekan terakhir, Washington memang mengatakan China sedang mempertimbangkan untuk menyediakan senjata ke Rusia. Meski hal itu kerap dibantah China.
Sebenarnya, bila melihat data CNN International, China memang menjadi "juru selamat" Rusia. Ada tiga cara yang dilakukan merujuk media AS itu.

1. Membeli Energi Rusia
Barat memang banyak memberi sanksi Mosko. Di antaranya embargo penjualan minyak dan pembatasan harga minyak mentahnya, penolakan akses ke jaringan transaksi bank internasional Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) dan pembekuan aset bank sentral yang disimpan di luar negeri.
Langkah-langkah ini ditujukan untuk melemahkan kemampuan Rusia untuk membiayai perang. Sanksi tersebut memiliki dampak, di mana perekonomian Rusia meluncur ke dalam resesi pada tahun 2022, menyusut sebesar 4,5%, menurut perkiraan terbaru oleh Bank Dunia.
Tetapi pendapatan fiskal Moskow malah meningkat. Ini berkat harga energi yang tinggi dan upaya Rusia untuk mengubah rute ekspor ke pembeli lain yang bersedia, seperti China dan India.
"China telah mendukung perang Rusia secara ekonomi dalam artian telah meningkatkan perdagangan dengan Rusia, yang telah melemahkan upaya Barat untuk melumpuhkan mesin militer Moskow," kata Neil Thomas, analis senior untuk China dan Asia Timur Laut di Eurasia Group.
"Xi Jinping ingin memperdalam hubungan China dengan Rusia yang semakin terisolasi," katanya, menambahkan bahwa status paria Moskow memungkinkan Beijing untuk lebih memanfaatkannya untuk mendapatkan energi murah, teknologi militer canggih, dan dukungan diplomatik untuk kepentingan internasional China.
Total perdagangan antara China dan Rusia mencapai rekor tertinggi baru pada tahun 2022, naik 30% menjadi US$190 miliar, menurut angka bea cukai China. Secara khusus, perdagangan energi telah meningkat tajam sejak dimulainya perang.
China membeli minyak mentah senilai US$50,6 miliar dari Rusia dari Maret hingga Desember, naik 45% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Impor batubara melonjak 54% menjadi US$10 miliar. Pembelian gas alam termasuk gas pipa dan LNG, meroket 155% menjadi US$9,6 miliar.
Ini keuntungan bagi kedua belah pihak, di mana Rusia, sangat membutuhkan pelanggan baru karena bahan bakar fosilnya dijauhi oleh Barat. Untuk China, yang sekarang fokus untuk mengeluarkan ekonominya dari kemerosotan, membutuhkan energi murah untuk menggerakkan industri manufakturnya yang besar.
Kedua belah pihak berencana untuk memperluas kemitraan itu lebih lanjut. Termasuk kesepakatan antara Gazprom (GZPFY) dan China National Petroleum Corporation untuk memasok lebih banyak gas ke China selama 25 tahun ke depan.

2.Menggantikan Posisi Pemasok Barat
Selain energi, Rusia juga telah menghabiskan miliaran untuk membeli mesin, elektronik, logam dasar, kendaraan, kapal, dan pesawat terbang dari China. Ini dirinci dalam laporan Layanan Riset Kongres AS dari Mei lalu.
"Meskipun China enggan memberikan dukungan langsung pada perang Rusia, hubungan bilateral akan terus tumbuh karena Beijing bersifat oportunistik," kata Thomas.
"Xi menghargai dukungan Putin sebagai pemberat strategis melawan Amerika Serikat yang semakin bermusuhan, tetapi dia tertarik pada Rusia terutama karena apa yang dapat dilakukannya untuk China," tambahnya.
Rusia juga perlu mencari pengganti impornya dari pasar Barat. Ini termasuk mobil dan elektronik.
"Dan di sini China dengan kapasitas industrinya tidak dapat disaingi oleh produsen besar lainnya," kata Kireeva.
Merek mobil China, termasuk Havel, Chery, dan Geely, pangsa pasar mereka melonjak dari 10% menjadi 38% dalam setahun setelah keluarnya merek Barat, menurut data terbaru dari perusahaan riset Rusia Autostat. Dan, pangsa itu diperkirakan akan tumbuh lebih jauh tahun ini.
Dalam elektronik konsumen, merek China menyumbang sekitar 40% dari pasar ponsel cerdas pada akhir tahun 2021. Setahun kemudian, mereka hampir mengambil alih industri dengan pangsa pasar 95%, menurut firma riset pasar Counterpoint.


3. Memberikan Alternatif Dolar AS
Setelah beberapa bank Rusia terputus dari SWIFT, Moskow telah menjauhi dolar dan menggunakan yuan China. Perusahaan Rusia telah menggunakan lebih banyak yuan untuk memfasilitasi peningkatan perdagangan dengan China.
Menurut Kireeva, bank Rusia juga melakukan lebih banyak transaksi dalam yuan untuk melindungi mereka dari risiko sanksi. Menurut kepala Bursa Moskow yang dikutip media Rusia, pangsa yuan di pasar mata uang asing Rusia melonjak menjadi 48% pada November 2022 dari kurang dari 1% pada Januari.
Menurut angka yang dirilis oleh SWIFT, Rusia sebentar menjadi pusat perdagangan lepas pantai terbesar ketiga di dunia untuk yuan Juli lalu, di belakang Hong Kong dan Inggris. Sejak itu, itu tetap menjadi salah satu dari enam pasar teratas untuk perdagangan yuan, bahkan tidak masuk dalam 15 besar sebelum perang Ukraina.
Kementerian keuangan Rusia juga telah menggandakan porsi cadangan yuan yang dapat dipegang dana kekayaan kedaulatan negara menjadi 60%, setelah sebagian besar tabungannya dibekukan oleh sanksi internasional. Dengan lebih banyak cadangan yuan, Moskow dapat menggunakan mata uang China untuk menstabilkan rubel dan pasar keuangannya.
Rubel telah jatuh lebih dari 40% terhadap euro dan dolar pada tahun lalu. Indeks saham utama Rusia juga telah turun lebih dari sepertiga.

sumber

Diubah oleh 4574587568 02-03-2023 14:37
jazzcoustic
jazzcoustic memberi reputasi
1
760
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.