harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Perbedaan Anime dan Kartun yang Jarang Orang Ketahui!

Sumber Gambar

Pecinta anime memang sudah tidak diragukan lagi jumlahnya di Indonesia. Banyak yang menjadikan anime sebagai salah satu tontonan yang menarik, baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Meskipun berbentuk 2 dimensi, tapi tontonan ini sebetulnya adalah tontonan untuk semua kalangan. Bahkan ada anime yang memiliki jalan cerita yang cukup dewasa.

Anime ecchi dan gore merupakan anime yang tidak bisa ditonton anak-anak. Selain itu, anime lain dengan jalan cerita yang rumit juga tidak bisa ditonton anak-anak. Karena memiliki alur yang menguras otak dan referensi-referensi yang terlalu dini untuk diketahui anak-anak.

Saat ini, masih banyak orang yang kerap menyamakan kartun dengan anime. Keduanya memang bisa dibilang sama, menurut TS anime bisa disebut kartun tapi kartun belum tentu anime. Konteksnya berbeda antara kartun secara universal dan anime yang berasal dari Jepang.


Sumber Gambar

Dari definisi yang TS ketahui, kartun merupakan suatu gambar yang didesain sedemikian rupa dengan berbagai tujuan seperti hiburan, kritik sosial, atau sekedar karya seni. Biasanya, kartun memiliki bentuk dan hasil yang berbeda dari objek aslinya. Kartun membebaskan orang untuk menggambar dan berimajinasi lebih bebas, tidak terikat dengan bentuk yang realistis.

Kartun bahkan beberapa kali dijadikan sebagai alat propaganda perang dingin dengan bentuk yang kita kenal dengan nama Karikatur. Perkembangan kartun pun berlanjut pada era animasi yang memungkinkan kartun untuk bergerak. Seperti yang sering kita tonton pada saat ini, dan salah satu bentuknya adalah anime.

Nah, sedangkan anime adalah gaya animasi Jepang yang memiliki sejumlah ciri khas. Anime sendiri menampilkan cerita-cerita menarik yang biasanya sampai ber-episode-episode dengan alur cerita yang intens. Contoh: One Piece, Naruto, Bleach.


Sumber Gambar

Jadi kalau berdasarkan pendapat TS, kartun adalah gambar visual yang didesain untuk berbagai keperluan seperti hiburan dan kritik sosial. Sedangkan, anime adalah gaya animasi Jepang. Artinya anime lebih spesifik dan mewakili gaya atau cara pembuatan animasi itu sendiri. Sedangkan kartun lebih luas lagi, bisa jadi karikatur, komik, ilustrasi dan lain sebagainya. Jadi belum tentu kartun itu anime.


Sumber Gambar

Kalau dilihat dari karakteristik sendiri, anime memiliki bentuk yang lebih detail ketimbang kartun. Karena kartun lebih mengedepankan sisi hiburan, yang penting apa yang ingin disampaikan tersampaikan. Sedangkan anime perlu dibuat sedetail mungkin untuk memuaskan mata para penikmatnya.

emoticon-2 Jempol

Jadi kalau menurut kalian, apa bedanya kartun dan anime?emoticon-Bingung (S)

Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
samnkuku419
gaul12
edilokonga503
edilokonga503 dan 11 lainnya memberi reputasi
8
5.1K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga HavenKASKUS Official
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.