Mas.BrayyAvatar border
TS
Mas.Brayy
Kasus Beli Genteng Rp 28,7 Juta, Tokopedia Temukan Kesalahan Penjual


Viral di media sosial pengguna Tokopedia membeli genteng Rp 28,7 juta namun barangnya tak kunjung diterima. Sementara transaksi telah dianggap selesai dan dana sudah diteruskan kepada penjual. Merespons hal tersebut Tokopedia melaporkan kesalahan ada pada penjual.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan hasil investigasi menemukan bahwa penjual akan melakukan pengiriman dengan kurir yang tidak seharusnya atau kurir yang tidak terhubung dengan sistem Tokopedia.

"Tokopedia juga telah menonaktifkan toko terkait secara permanen karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan," kata Ekhel kepada Katadata.co.id, Selasa (28/2). Pelanggaran seperti memfasilitasi pengiriman di luar sistem Tokopedia.

Ia menjelaskan Tokopedia sudah berusaha membuka komunikasi dengan pihak pembeli dan menyarankan untuk melaporkan kasus ini ke polisi. Tokopedia juga akan kooperatif dan mendukung proses pelaporan tersebut.

"Tetapi sampai saat ini, Ibu Anita belum merespon saran kami dengan baik dan tidak melakukan pelaporan kepada pihak kepolisian," kata Ekhel.

Sebelumnya viral di media sosial pembeli bernama Anita Feng membeli genteng Rp 28,7 juta, namun tak kunjung menerima barangnya. Sedangkan uangnya sudah hilang atau dikirim ke penjual. Anita melakukan pembelian genteng senilai Rp28,7 juta pada 14 Februari 2023 menggunakan pengiriman same-day dengan motor.

Ekhel menjelaskan pesanan Anita sudah terselesaikan secara otomatis. Karena sampai batas waktu konfirmasi penerimaan pesanan berakhir atau 2x24 jam setelah pesanan diterima, Anita tidak mengajukan komplain. "Setelah berkoordinasi dengan tim terkait, Tokopedia tidak menemukan adanya kesalahan sistem," katanya.




https://katadata.co.id/happyfajrian/...alahan-penjual


--------------------------------------------

ini karena toped gak menyediakan opsi pengiriman custom ( kurir toko )

ane pernah spt itu, tp gak sampe jadi kasus.
secara beli barang huruf timbul, dari bandung, ane di jkt.
kalo pake pengiriman standar, selain lama, mahal krn makan volume, juga ribet packingnya. harus kayu, krn takut rusak.

krn ane perlu cepat, akhirnya barang dikirim via travel jkt-bdg.
barang nyampe, penjual baru kirim paket kosong via expedisi toped dgn itungan berat 1 kg.
kebetulan barangnya pre order, jadi waktunya longgar.

kalo kasus diatas, barang (genteng) statusnya ready.
shg cepat proses adm & pengiriman kurirnya.

tp penjualnya curang itu. itikadnya gak baik emoticon-Mad

harusnya dia kirim barang beneran & nyampe. paling gak masih otw.
harusnya juga saat jadi komplain / kasus, dia bertanggung jawab.
mengirim barang atw mengembalikan uang.
bukan kabur gitu emoticon-Mad
BALI999
pilottempur1718
bukan.bomat
bukan.bomat dan 9 lainnya memberi reputasi
10
18.8K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.