Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Tiba-tiba Esemka Curhat 'Cuma' Didukung Jepang
28 February 2023 20:05

Foto: Mobil listrik Esemka Bima EV dan Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Esemka mempertanyakan minimnya dukungan yang mengalir, utamanya dalam hal pembiayaan. Sejauh ini, untuk membeli kendaraan unit Esemka didominasi konsumen dana tunai, padahal sebagian besar transaksi kendaraan masyarakat Indonesia dengan skema kredit.

"Kita butuh dukungan dari lembaga keuangan semuanya, baik swasta maupun negeri," kata Direktur Operasional PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Sabar Budi kepada CNBC Indonesia dikutip Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, hingga saat ini, baru satu lembaga leasing yang ikut mendukung Esemka, itu pun dari Jepang. Esemka pun menanti kehadiran bantuan dari leasing dalam negeri.

"Leasing baru Mitsui. Asing aja udah support," sebut Sabar
Selain leasing, Esemka juga menunggu adanya dukungan dari bank-bank. Sabar mengaku sudah melakukan pendekatan dengan banyak bank, baik bank swasta maupun daerah.

"Proses dari awal sekitar 2018. Kita ada pendekatan ke bank daerah nasional. Kita apapun formula mereka kita ikut, tapi belum ada feedback sampai hari ini," ujar Sabar.

Untuk membeli Esemka saat ini memang sudah bisa kredit, namun dana pinjaman baru dari diler. Untuk cicilan tersedia dengan sistem tenor 11, 23 hingga 35 bulan.

Sebagai contoh, cicilan terendah tersedia untuk Bima 1.3 Pick Up dengan down payment Rp37.500.000 maka angsurannya di Rp3.895.000 selama 35 kali angsuran.

Sedangkan jika memilih untuk cicilan selama 11 bulan perlu merogoh kocek Rp10.127.000 per bulan. Adapun harga mobil ini ada di angka Rp137.000.000.

sumber


sayang sekali gan ternyata esemka tidak mendapat dukungan dari lembaga keuangan/leasing/bank yang mau membantu pelayanan skema kredit sehingga sulit untuk menjual produknya. padahal mobil ini pernah jadi mobil dinas pak jokowi. dan sempat diupayakan jadi proyek mobil nasional. 
Diubah oleh kushkoos 28-02-2023 13:48
bukan.bomat
bukan.bomat memberi reputasi
1
1.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.