• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suka Memanjakan Anak dengan Berlebih-lebihan? Ini yang Akan Orang Tua Dapatkan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Suka Memanjakan Anak dengan Berlebih-lebihan? Ini yang Akan Orang Tua Dapatkan
Bukan cara yang baik, ini yang akan orang tua dapatkan saat mendidik anak dengan memanjakan berlebihan


Anak, di dalam sebuah rumah tangga tentu menjadi pelengkap kebahagiaan sebab mereka merupakan titipan Tuhan dari buah kasih sayang sepasang pria dan wanita yang mengikat janji suci melalui pernikahan dan disebut sebagai orang tua setelah lahirnya keturunan dari darah daging antara keduanya.

Sebagai orang tua tentu sepasang suami istri memiliki tanggung jawab baru yaitu untuk mengasuh, membesarkan, merawat, dan mendidik buah hati mereka agar menjadi anak yang baik, taat pada orang tua, rajin beribadah kepada Tuhan, dan memiliki empati kepada sesama.

Namun perlu Agan Sista ketahui, bahwa tidak semua pasangan suami istri berhasil mendidik dan menjadikan anak mereka sebagai anak yang baik karena sebagai orang tua kurang memiliki pengalaman dan tidak mau belajar tentang bagaimana cara menjadi orang tua yang baik untuk anak-anaknya.




Alih-alih menyangi anak, secara tidak sadar ternyata banyak orang tua yang "kalah" terhadap anaknya sendiri karena terlalu sering memanjakan dan menuruti semua keinginan dengan tanpa syarat bahkan sering tidak mempedulikan apakah yang diminta oleh anaknya tersebut baik atau buruk.

Orang tua yang sering memanjakan anak biasanya juga memiliki kebiasaan menganggap kenakalan yang dilakukan oleh anaknya sebagai sebuah hal yang wajar sampai mereka lalai untuk mengingatkan anaknya sendiri akan hal-hal tidak baik yang tidak boleh untuk dilakukan.

Tentu kebiasaan ini kurang baik jika diterus-teruskan GanSis, sebab ada dampak dan resiko buruk yang akan dialami oleh orang tua karena anaknya yang terlalu dimanja sehingga apa yang dilakukan oleh orang tua menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Berikut ini beberapa resiko yang akan orang tua dapatkan saat terlalu memanjakan anaknya.




1. Dibantah dan Tidak Dituruti

Ketika Agan dan Sista membiasakan memanjakan anak sedari mereka kecil tanpa memberikan masukan dan nasihat yang baik, maka kalian akan mendapati anak menjadi pembangkang saat mereka sudah mulai beranjak semakin dewasa.

Kebiasaan memanjakan anak secara berlebihan dengan tidak mengajarkan hal yang baik dan memberitahu hal-hal buruk akan menanamkan karakter seenaknya sendiri sehingga mereka tidak memikirkan perasaan orang lain termasuk orang tuanya. Bahkan anak yang dimanja berlebihan juga akan menjadi tidak penurut karena mereka sudah terbiasanya dituruti semua permintaannya.

2. Banyak Mendapat Tuntutan dari Anak

Karakter dan sifat banyak menuntut juga akan Agan Sista dapatkan saat kalian menjadi orang tua yang selalu menuruti permintaan anak tanpa ada penjelasan atau persyaratan yang memang penting untuk diberikan agar mereka paham bahwa apa yang diinginkan tidak selalu bisa untuk didapatkan.

3. Disusahkan karena Kenakalan dan Pergaulan yang Salah

Resiko selanjutnya yang akan didapatkan oleh orang tua saat anaknya terlalu dimanja yaitu akan mendapatkan kesusahan karena kenakalan yang dilakukan oleh anak entah itu kenakalan dalam bentuk tindakan kriminal maupun pergaulan bebas.

Orang tua akan dibuat pusing karena saat anak sudah terjerumus ke dalam sebuah masalah sedangkan mereka dididik manja, maka mereka akan kesulitan untuk dinasehati karena dapat dikatakan sudah terlambat.

Berikut tadi GanSis beberapa hal yang akan didapatkan oleh orang tua yang mendidik anaknya dengan didikan yang manja.

Selain akan membuat orang tua kewalahan, mendidik anak dengan didikan yang manja juga akan membuat mereka menjadi pribadi yang lemah dan tidak mandiri karena terbiasa apa-apa disediakan orang tuanya.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
h.suhengki
sukhoipakfa
jhon_fc
jhon_fc dan 20 lainnya memberi reputasi
21
8.1K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.