iskrimAvatar border
TS
iskrim
Opini Saya, Sehat Mana Mie Instan Atau Mie Ayam?


Musim hujan sampai detik ini belum juga berlalu, jadi makanan selingan yang cocok dan praktis adalah yang berkuah atau disajikan hangat langsung disantap. Semua pasti setuju makan mie instan adalah satu cara yang paling cepat dan praktis.

Tapi jika ingin rasa berbeda dan sajian sedikit lebih lengkap kita bisa beli mie ayam dekat rumah atau pesan online langgananmu. Tak lama makananmu sampai. Makanan berbahan mie berkuah memang tidak pernah gagal memuaskan hasrat lidah dan lambung di cuaca dingin seperti ini.

Tapi berkembang dimasyarakat kalau terlalu banyak makan mie tidak sehat, menurut saya memang benar. Namanya saja sesuatu yang berlebihan pasti akan ada efek sampingnya ke faktor kesehatan. Jadi makan dalam porsi wajar dan dijeda beberapa hari kemudian tidak jadi masalah dan bukan jadi makanan pokok.

Pertanyaannya sekarang adalah lebih sehat mana makan mie ayam dibandingkan dengan mie instan? Tentu saja secara awam saya akan menjawab mie ayam lebih sehat, kenapa, ya karena mie ayam disajikan secara segar, sayuran dan bumbunya lebih fresh nyaris tanpa bahan pengawet.

Meski tidak menampik kalau mie nya mie ayam masih ada saja pembuatnya yang nakal menggunakan bahan pengawet tapi setidaknya penjual mie ayam segera membuangnya jika sudah ekspired. Tapi tidak lebih sehat juga dengan mie nya mie instan yang sama-sama memiliki pengawet? agar tetap kering dan tidak berjamur saat masih dalam kemasan, terlebih lagi kandungan garam pada mie instan dan bumbunya kadarnya lebih tinggi dari seporsi mie ayam.



Soal rasa juga harus diwaspadai, kalau mie ayam enak atau tidaknya tergantung keahlian penjualnya meracik bumbu dan tambahannya, kalau soal rasa mie instan sepertinya sudah 'template'. Maka ketika kamu memiliki ketergantungan pada mie instan harus segera sadar dan menjeda durasi makannya mungkin bisa seminggu sekali karena tubuh butuh membersihkan diri dari bahan pengawet termasuk gluten/pengenyal yang prosesnya cukup lama untuk dicerna oleh lambung manusia.

Lagi ke soal mie ayam jika ditinjau dari kekurangannya misalnya kita tidak tahu bahan olahannya apakah dibuat pedagang secara higienis, ayamnya bukan ayam tiren, saosnya bukan saus murah, mangkok sendok sumpit apakah sudah dicuci dengan bersih? Amannya, ya kita minta dibungkus dan makan dirumah dengan saos sendiri.

Kalau mie instan soal kehigienisan pastinya terjamin karena dibuat oleh pabrik dengan pengawasan yang ketat dan template. Tapi, ya itu kandungan mie dan bumbu yang terlalu banyak mengandung garam, porsi yang nanggung membuat kita jadi ketagihan.



Jadi kesimpulannya menurut saya semua sama-sama memiliki resiko jika dimakan berlebihan. Jelas agar kita tidak terlalu 'rugi' saat makan mie sebaiknya ditambahkan sayuran, telor, bakso dan lainnya sesuai selera supaya kandungan gizinya lebih baik. Dan ingat, jangan makan mie terlalu sering cukup seminggu sekali, cukup selingan saja.

Ya, ini sekedar opini pribadi yang mungkin berbeda dengan pemikiran kamu. Thread ini bisa saja disanggah dan saya tidak keberatan untuk itu. Kita saling berbagi dan menambah pengetahuan bersama, setuju?




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-02-2023 06:23
sontoloyo81
rubah007
babelapak
babelapak dan 6 lainnya memberi reputasi
7
5.5K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.