Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Education
  • Punya Anak Usia Bujang Gadis atau Remaja? Ini yang Harus Diperhatikan Para Orang Tua!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Anak Usia Bujang Gadis atau Remaja? Ini yang Harus Diperhatikan Para Orang Tua!
Rawan pergaulan bebas dan tindakan kriminal oleh anak di bawah umur, ini yang harus dilakukan oleh para orang tua


Memiliki anak bujang gadis atau remaja, di era yang semakin modern seperti sekarang para orang tua memiliki tanggung jawab dan peran yang lebih besar karena telah banyak perubahan baik dari segi pergaulan, pendidikan, canggihnya teknologi, mudahnya mengakses informasi, serta pergeseran adat dan budaya.

Anak zaman sekarang tidak lagi dapat dididik sebagaimana cara anak-anak zaman dulu dididik karena saat cara lama digunakan pada anak zaman sekarang maka akan banyak tentangan entah itu dari anak yang mendapatkan dididikan keras atau dari peraturan-peraturan yang menjaga hak-hak asasi anak yang dilindungi.

Mudahnya mengakses berbagai macam informasi karena canggihnya teknologi, juga memberikan dampak besar terhadap perubahan kebudayaan serta karakter anak-anak. Tidak sedikit anak-anak yang dibekali gadget dengan internet akan lebih banyak tahu dan meniru tentang banyak hal dibandingkan anak-anak yang tidak mendapatkan gadget secara bebas.

Melihat fakta menarik ini, tentu para orang tua harus waspada saat anak-anak sudah masuk usia remaja atau bujang dan gadis. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan saat GanSis memiliki anak yang memasuki usia remaja.




1. Mendidik Agama yang Baik

Menanamkan keimanan sejak dini kepada anak, tentu ini sangat penting untuk dilakukan oleh para orang tua sebab dengan berbekal iman yang kuat maka seorang anak tidak akan melanggar aturan agama dan mentaati ajaran Tuhan yang baik.

Semua agama tentu memang mengajarkan kebaikan, tetapi tidak semua orang dapat mendidik ilmu agama dengan baik sehingga bisa menghasilkan pemahaman yang tepat.

Carikan guru agama yang benar-benar paham agama agar anak Agan dan Sista tidak salah dalam mengartikan ajaran agamanya sendiri.

2. Menjaga Pergaulan Anak

Orang tua berhak serta memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan pergaulan anak.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui, selain di sekolah anak-anak usia remaja bisa belajar hal-hal baru dari mendengar sesuatu atau meniru apa yang dilakukan dan diceritakan oleh teman satu tongkrongan.

Menjaga dan memperhatikan lingkungan percaya anak-anak penting untuk dilakukan agar tidak salah dalam meniru dan mencontoh apa yang seharusnya tidak untuk dilakukan.

3. Menjaga Komunikasi

Bukan hanya uang saku dan iuran sekolah yang wajib dicukupi oleh orang tua, melainkan juga kasih sayang dan perhatian karena anak membutuhkan itu semua.

Saat Agan dan Sista lalai untuk memberikan kasih sayang dan perhatian, maka mereka dapat mencari perhatian dengan melakukan hal-hal di luar nalar bahkan cenderung pada kenakalan, itulah sebabnya kalian harus menjaga komunikasi yang baik dengan anak.

4. Menasehati

Berikan kebebasan kepada anak kalian untuk melakukan apa yang mereka suka selagi itu positif, tidak melanggar aturan, dan tidak merugikan orang lain.

Berikan nasihat saat kebebasan yang telah kalian berikan dipersalahgunakan, berikan sanksi bila memang sangat perlu agar mereka tahu apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh untuk dilakukan lengkap dengan penjelasan resiko serta akibatnya saat melanggar.



Berikut tadi GanSis beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat anak-anak mulai masuk di usia remaja atau bujang gadis.

Di usia menginjak masa remaja atau bujang gadis, seorang anak juga mulai memiliki hasrat seksual dan memiliki ketertarikan terhadap lawan jenisnya. Ini juga perlu untuk diperhatikan karena di era sekarang pergaulan bebas juga menjadi masalah yang cukup sulit untuk dihindarkan.

Sebagai orang tua tentu Agan dan Sista juga harus tetap banyak belajar.
Belajar memahami karakter anak dan mencari tahu apa pengaruh kemodernan teknologi terhadap karakter dan sifat anak.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
mancitybest
Denmas.Loenard
MemoryExpress
MemoryExpress dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.2K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.