Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?

Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?
Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?
Sumber gambar

Arab Saudi adalah sebuah negara penghasil minyak dunia yang selalu di ekspor ke Negara tujuan dengan imbalan untuk memperoleh devisa negara. Saat ini Negara Arab Saudi memiliki Cadangan Devisa Negara Sebesar 493.9 USD BN pada tahun 2022 dengan laju pendapatan devisa yang diperoleh setiap periode sebesar 1,69 triliun riyal atau sekitar 6.681 triliun.

Baru ini raja Arab Saudi tengah merencanakan sebuah pembangunan The Mukaab. Sebuah bangunan kubus mirip Ka'bah yang berada ditengah kota riyald negara Arab Saudi. The Mukaab sendiri memiliki luas 25 juta meter persegi dengan ketinggian bangunan sebesar 400 meter.

The Mukaab sendiri akan difungsikan agar penduduk dapat menghuni sebuah rumah hunian sebanyak 100.000 unit, kamar hotel sebanyak 9.000 unit, dan 1,4 juta pusat perbelanjaan dan pusat perkantoran, transportasi, fasilitas publik yang bergerak di The Mukaab.

Untuk pembangunan The Mukaab menghabiskan anggaran sebesar $ 800 miliar dollar dengan tujuan agar pembangunan the Mukaab dapat menyerap tenaga kerja baru lebih dari 300.000 jiwa sekaligus sebagai pusat ekonomi baru di Kota Riyald agar roda ekonomi dapat bergerak dengan beragam jenis aktivitas bisnis dan kantor yang lebih menggeliat perekonomian daerah di Negara Arab Saudi.

Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?
Sumber gambar

Raja Salman sebagai pemimpin dan pemegang kendali proyek pembangunan The Mukaab yang ditargetkan selesai tahun 2030 dengan prioritas dapat menampung penduduk sebanyak 9 juta jiwa. Supaya penduduk dapat melakukan aktivitas baru yang lebih banyak serta bisa menuangkan kreativitas baru dan inovasi baru untuk kemajuan daerah yang selama ini memiliki angka pengangguran dan aktivitas ekonomi yang kurang sehat.

Tidak heran Raja Salman ingin agar sebuah kota di negara Arab Saudi ingin ada aktivitas ekonomi yang dapat menggeliatkan daerah menjadi lebih maju dan mampu memberikan penghasilan sendiri di daerah. Karena dengan begitu kota di negara Arab Saudi dapat mandiri, berkreasi dan tidak bergantung kepada sumber minyak dunia di miliki negara selama ini.

Potensi ini baru dimanfaatkan raja Arab Saudi setelah melakukan pemikiran ulang terhadap nasib rakyat dan arah kehidupan masa depan negara Arab Saudi yang akan diturunkan ke generasi anak cucunya, maka proyek negara tersebut harus maju dan berkembang baik.

Dengan menerapkan berbagai proyek yang diutarakan oleh raja Salman sendiri, beliau amat berani terlebih Arab Saudi memiliki keunggulan dalam menerima cadangan devisa yang luar biasa. Sehingga raja Arab Saudi mampu membuat proyek untuk perkembangan negara. Dengan uang semua bisa dibeli dan di bangun apapun itu terutama untuk kepentingan negara dan kepentingan masyarakat.

Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?
Sumber gambar

Apa manfaat pembangunan The Mukaab?

Menurut ane, pembangunan the Mukaab sangat menarik sebagai pembangunan infrastruktur yang memiliki manfaat untuk perkembangan kemajuan masyarakat dan penduduk migrasi ke negara Arab Saudi, terlebih adanya pusat aktivitas yang berhubungan dan membutuhkan tenaga sumber daya manusia (SDM).

The Mukaab dapat berkolaborasi dengan kota Mekah dan Madinah agar aktivitas ekonomi dapat terkoneksi dengan baik yang dapat memajukan berbagai sektor yang dimiliki. Pendidikan, kesehatan dan pusat ekonomi baru dapat meningkatkan arus keuangan di daerah di kota Riyald.

Coba deh, kalau the Mukaab yang sudah dibangun di kota Riyald, maka daerah akan mengalami kemajuan amat pesat. Sehingga arus perputaran keuangan dapat meningkatkan pembangunan diluar the Mukaab di kota Riyald. Hal ini dapat membuat masyarakat dapat hidup bahagia dengan adanya aktivitas baru di the Mukaab.

Namun pembangunan the Mukaab dengan posisi bangunan terkurung seperti penjara ini membuat posisi pembangunan menjadi aneh. Masak ada kota baru terkurung begitu, setidaknya dapat dibangun dengan model lain seperti batas tersebut dibangun aliran sungai melingkar seperti yang berada di Negara Brunei Darussalam.

Saat ini IPM Arab Saudi sebesar 0,875 dikategori sangat tinggi dengan pendapatan perkapita masyarakat sebesar 55 ribu lebih sudah dikategorikan sebagai pendapatan tinggi dan bisa memberikan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Menurut ane, perlu adanya pembangunan daerah untuk mengejar ketertinggalan negara lain yang sudah maju dalam berbagai bidang terutama teknologi.

Raja Arab Saudi Akan Membangun Proyek Baru Bernama The Mukaab, Apa Manfaatnya?
Sumber gambar

Walaupun dijuluki sebagai kota masa depan, setidaknya pembangunan fisik the Mukaab harus memperhatikan kondisi estetika dan keramahan lingkungan terlebih the Mukaab sendiri terlalu meniru simbol lambang ka'bah namun harus lebih mengedepankan hal lain yang tidak membangun kota masa depan sebagai corak bangunan yang lebih sederhana namun ramah lingkungan.

Menurut kalian bagaimana proyek the Mukaab? Apa bermanfaat buat kota riyadh di masa depan.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Narasi: Opini

[url=https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.ceicdata.com/id/indicator/saudi-arabia/foreign-exchange-reserves%23:~:text%3DCadangan%2520Devisa%2520Arab%2520Saudi%2520dilaporkan,%252D12%252C%2520dengan%2520264%2520observasi.&ved=2ahUKEwia_KqViKn9AhX2XGwGHXC6BAYQFnoECAoQBQ&usg=AOvVaw3nZE4YpeqdufrYxmYFO7ka]Referensi[/url]

Referensi
0
1.2K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.