iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pedagang Hp Ngeluh Sepi, Gimana Di Daerahmu, Gan?


Saya punya tetangga yang memiliki toko handphone di ITC Fatmawati, Jakarta Selatan. Sebut saja nama samarannya Paijo selain jual hp dia juga menjual aksesoris dan service hp. Sebelum pandemi datang usahanya stabil dan terbilang bagus.

Tapi semenjak pandemi datang kita tahu semua keadaan jadi banyak berubah terutama kondisi ekonomi keuangan masyarakat ikut berpengaruh, intinya kebutuhan pokok masyarakat dalam hal membelanjalan uangnya menjadi lebih selektif.

Paijo sejak pertengahan tahun 2022 yang tadinya selalu sibuk kini semakin santai dan hingga Februari 2023 mulai turun 'ke jalan' alias jadi ojek online sementara toko hp nya diurus oleh istri sambil momong anaknya yang masih balita.



"Ngojek dulu deh, buat mencukupi kebutuhan sehari-hari, minimal susu dan bayar listrik bisa ketutup.., untung aksesoris hp lumayan masih rame jadi bisa ketolong", katanya. "Ya, kalau istri tidak bisa service hp tetap saya yang pegang, sewaktu-waktu saya ke toko.. ngojek kan kerjaan fleksibel.."

"Jualan hp sepi bener, terutama hp kelas menengah kebawah.. jual nya lama, kadang saya gak berani tahan harga, untung tipis langsung aja deh saya lepas.." katanya. "Kalau hp kelas menengah atas penjualan cukup stabil tapi sebulan belum tentu ada pembelinya."

Dampak yang disebabkan oleh pandemi memang membuat sektor ekonomi apalagi retail yang nelangsa, bahkan retail besar sekelas Transmart mulai menutup beberapa gerainya karena daya beli yang semakin rendah dan kalah saing dengan penjualan online yang semakin disukai masyarakat.



Faktor lain kenapa masyarakat kurang bergairah untuk membeli hp baru adalah karena menurut saya hp atau smartphone sekarang sudah berada di titik jenuh, fiturnya 11-12, hampir tidak ada inovasi terbaru. Kini manufaktur hp hanya bermain di fitur produk misalkan hanya meningkatkan kualitas kameranya saja.

Padahal tidak semua masyarakat butuh dengan spesifikasi kamera tinggi, hanya orang tertentu saja. Dengan hp seharga 2 jutaan fitur-fitur standar seperti sudah bisa internetan, whatsapp dan game ringan sudah dirasa cukup memuaskan masyarakat. Artinya mengganti hp baru untuk saat ini dirasa belum perlu, lebih mementingkan kebutuhan pokok dulu.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 19-02-2023 22:58
farewellstory
muwe
screamo37
screamo37 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.9K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.