dharma8888Avatar border
TS
dharma8888
Pendeta di Afrika Meninggal gegara Coba Puasa 40 Hari Seperti Yesus



Seorang pendeta di Mozambique, Afrika Timur, meninggal usai meniru Yesus berpuasa 40 hari. Pendeta ini meninggal di hari ke-25 berpuasa.

Dikutip detikInet dari BBC, Minggu (19/2/2023), pastor bernama Francisco Barajah (39) meninggal di Mozambique. Dia meninggal karena mencoba puasa 40 hari seperti Yesus.

Pendeta pendiri Santa Trindade Evangelical Churc ini kehilangan banyak berat badannya sampai tidak bisa bangun. Dia pun dibawa ke rumah sakit di Ibu Kota Beira oleh istrinya, dan mendapatkan serum rehidrasi.

Nahas, organ pencernaannya sudah rusak akibat anemia akut. Barajah juga kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen.

Selain menjadi pendeta, Barajah diketahui sebagai guru bahaa Prancis di Kota Messica. Jemaat gerejanya diketahui suka berpuasa, tapi tidak lama.
Baca juga:
Merana Pria India Lamar Gadis Wajo Ditolak gegara Kekasih Sudah Dijodohkan

Kisah Yesus berpuasa 40 hari ini tercantum di Injil Matius 4:1-2 yang berbunyi, "Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus."
Daya Tahan Manusia Versi Sains

Lantas berapa daya tahan manusia bisa hidup tanpa makan dan minum menurut sains? Dilansir BBC, dr Mike Stroud, dosen senior kedokteran dan nutrisi di Universitas Southampton, Inggris, menyebut manusia mungkin bisa hidup 60 hari tanpa makanan.

"Tubuh butuh lebih dari sekadar kalori, ia akan mulai mematikan organ satu persatu. Tapi ini masih bisa mencapai 60 hari sampai akhirnya terjadi kematian," kata dia.
Baca juga:
Pastor Meninggal Karena Coba Puasa 40 Hari Seperti Yesus

Sementara itu, Juru bicara British Dietetics Association, Catherine Collins, mengatakan ketika tubuh berhenti mendapat makanan, tubuh akan bertahan dari gula yang disimpan di dalam tubuhnya. Liver dan otot menyimpan glukosa sebagai glikogen. Glikogen ini yang nantinya diubah menjadi glukosa.

Jika glukosa habis, lemak akan diubah jadi sumber energi sekunder yang disebut ketone. Kalau lemak pun habis, tubuh akan mendaur ulang protein dari sistem pencernaan dan dari otot untuk dijadikan energi. Namun, hal itu akan menghabiskan jaringan tubuh yang penting.


Baca artikel detikjateng, "Pendeta di Afrika Meninggal gegara Coba Puasa 40 Hari Seperti Yesus" selengkapnya https://www.detik.com/jateng/berita/...seperti-yesus.


ckckckck
AgusLie007
screamo37
d20m91
d20m91 dan 9 lainnya memberi reputasi
8
4.9K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.