Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cepmekAvatar border
TS
cepmek
Jokowi: MRT hingga Kereta Cepat Sebuah Keharusan di Kota-kota Besar
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masyarakat Indonesia jangan melulu pro terhadap kendaraan pribadi, tapi juga harus pro ke transportasi massal.

Hal itu diungkapkan Kepala Negara saat menanggapi perihal proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengalami pembengkakan biaya atau cost overrun.

Di mana, total biaya yang telah disepakati konsorsium China dan Indonesia sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 18,2 triliun.

“Kita ini harus pro kepada transportasi massal, hati hati jangan pro pada kendaraan pribadi,” ungkapnya saat menghadiri pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2).

Sehingga menurutnya, transportasi seperti MRT, LRT, hingga kereta cepat menjadi sebuah keharusan di kota-kota besar. Hal ini agar moda transportasi terintegrasi di dalam kota maupun dari kota ke kota sehingga orang tidak cenderung pada mobil pribadi.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, menuturkan kesepakatan tersebut akan disesuaikan kembali dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kemudian disepakati dengan Komite KCJB 1-2 bulan mendatang.

"Kita sepakat angka cost overrun USD 1,2 miliar, ini yang sedang kita rapikan yang beberapa item mereka lakukan kajian terhadap pajak, clearing frequency dan sebagainya, tapi sudah sepakat angkanya," katanya saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR, Senin (13/2).

Ditemui usai rapat, Kartika atau akrab disapa Tiko menjelaskan, setelah melakukan kesepakatan, langkah selanjutnya yang akan ditempuh yaitu mengajukan pinjaman atau utang kepada China Development Bank (CDB).

Hal ini merujuk kepada hasil rapat Komite KCJB yang menyepakati angka pembengkakan biaya proyek agar dipenuhi oleh 25 persen ekuitas konsorsium China dan Indonesia, 75 persen sisanya berasal dari pinjaman atau utang.

https://m.kumparan.com/amp/kumparanb...ar-1zqWWjJKX7E

Jokowi adalah hadiah terindah dari Tuhan untuk rakyat dan bangsa Indonesia emoticon-I Love Indonesia
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
927
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.