harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Negara yang Mendukung Papua Merdeka dari Indonesia!

Sumber Gambar

Seperti yang kita tahu, permasalahan Indonesia dengan OPM atau Operasi Papua Merdeka masih belum berakhir. Gerakan ini masih mencoba mencari dukungan dan peluang untuk bisa memisahkan Papua Barat dari NKRI. Tentu banyak orang Indonesia yang tidak menginginkan Papua lepas begitu saja.

Di luar sana, rupanya ada beberapa negara yang secara lantang dan terbuka menyatakan bahwa mereka mendukung gerakan kemerdekaan Papua Barat ini. Berbagai alasan dan kepentingan menjadi latar belakang mengapa mereka memberi dukungan.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah daftar negara yang memberi dukungan terhadap kemerdekaan Papua Barat!emoticon-Ngacir



1. Kepulauan Solomon


Sumber Gambar

Negara ini merupakan negara kepulauan kecil yang berada di sebelah timur Papua Nugini. Memiliki 992 pulau, negara ini memiliki luas 28.450 km2. Negara ini diberikan hak untuk berdaulat pada 1976, namun sebenarnya negara ini sendiri masih berada di bawah naungan Inggris.

Kepulauan Solomon kerap menyinggung soal permasalahan HAM yang terjadi di Papua. Tapi menurut mereka, jalur diplomasi jadi yang terbaik untuk dilakukan.

2. Palau


Sumber Gambar

Palau telah berkali-kali menyatakan dukungannya terhadap Papua yang kerap mereka suarakan di Forum Kepulauan Pasifik. Bahkan mereka berani membawa isu ini ke PBB dan mengajak seluruh dunia untuk mendukung kemerdekaan Papua.

Menurut Palau, Papua Barat dan rakyatnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

3. Tuvalu


Sumber Gambar

Sebagai sesama negara Asia Pasifik, Tuvalu pun memberikan pendapat yang sama dengan negara-negara tetangganya. Mereka menyatakan bahwa keinginan Papua untuk merdeka harus didukung dan tidak boleh dihalang-halangi.

Hal ini juga kerap diutarakan oleh Perdana Menteri mereka yaitu Enele Sopoanga pada siding Majelis Umum PBB, terutama terkait penyelidikan HAM di Papua.

4. Vanuatu


Sumber Gambar

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan negara ini kalau soal Papua. Vanuatu merupakan negara paling vokal dan berani membawa isu Papua ke sidang PBB. Sama seperti yang lainnya, Vanuatu mendukung penuh kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia.

Perwakilan dari negara ini juga sempat berdebat mengenai Papua dengan perwakilan Indonesia dalam sidang PBB. Bahkan akun pariwisata mereka sempat diserang oleh netizen Indonesia.

5. Kepulauan Marshall


Sumber Gambar

Kepulauan Marshall merupakan negara kepulauan kecil yang juga berada di Pasifik. Negara yang dihuni oleh orang-orang Mikronesia ini juga memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Papua. Mereka menyerukan agar negara lain ikut mendukung Papua.

Kepulauan Marshall juga satu suara dengan negara lainnya terkait isu soal Papua. Yaitu hak warga Papua untuk menentukan nasibnya sendiri.

emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip

Jika dilihat, rata-rata negara yang mendukung Papua merdeka adalah negara-negara kecil di tengah Samuedera Pasifik. Mungkin karena persamaan etnis membuat mereka memberi dukungan penuh agar Papua bisa merdeka seperti mereka sekarang ini. Ya walau sebagian masih berada dalam naungan negara-negara barat sih.

Mungkin selain mereka, ada satu lagi yaitu Australia yang sesekali kerap menyinggung dan ikut campur masalah Papua.Tapi entah apakah ia memberi dukungan penuh atau tidak.

emoticon-Hansip

Gimana gansis? Kalian dukung Papua merdeka? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Tonythompson94
bukan.bomat
madjoeki
madjoeki dan 16 lainnya memberi reputasi
17
9.6K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.