Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Tolong! Penghuni Rusun Marunda Sudah 9 Hari Kesulitan Air Bersih
Tolong! Penghuni Rusun Marunda Sudah 9 Hari Kesulitan Air BersihJakarta - Penghuni Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara, mengalami kesulitan akses air bersih. Sudah lebih dari sepekan kondisi ini dialami oleh penghuni Rusun Marunda.

"Ini sudah sembilan hari sampai hari ini," kata warga Rusun Marunda, Herymias (39), kepada detikcom, Selasa (14/2/2023).

Dia mengungkapkan, warga Rusun Marunda memang sudah sejak dulu sering mengalami kesulitan mengakses air bersih, tapi kondisinya tidak separah sembilan hari belakangan ini, mulai Minggu (5/2) lalu. Dia dan tetangganya sudah melaporkan masalah ini ke pengelola, namun masalah masih berlangsung.

"Terus apa yang bisa kita lakukan kalau begini? Rata-rata yang tinggal di rusun itu orang berkeluarga juga," keluh Herymias.

Dia memperkirakan ada 6 tower Rusun Marunda yang mengalami kesulitan air. Banyak warga menyiasati keadaan sulit ini dengan turun ke tower-tower yang tidak mengalami kesulitan air, mereka mengisi galon atau ember dari keran-keran di lantai bawah tower rusun tersebut. Atau, mereka pergi ke tetangga atau sanak-saudara yang tidak kesulitan air.

"Kita ini pergi ngantre di rumah orang, sudah nggak enak juga sebenarnya, tapi ya mau bagaimana lagi," kata Herymias.

Berangkat Sekolah Tak Mandi
Karena kondisi sulit air, anak-anak Herymias jadi ikut terkena dampak. Herymias punya tiga anak, putra sulungnya sudah kelas VI sekolah dasar (SD).

"Kasihan anak sekolah, berangkat sekolah nggak mandi," kata Herymias.

Kebutuhan sehari-hari tentu saja terganggu. Mereka menjadi kesusahan ketika hendak mencuci baju hingga piring.

"Kita mau buang air besar, buang air kecil di malam hari jadi susah. Mencuci baju juga susah," kata dia.

Adanya truk tangki air PAM Jaya dirasa cukup membantu namun belum menyelesaikan masalah. Tangki itu mengisi air di bak penampungan sehingga dapat disalurkan ke unit rusun tiap penghuni. Dia berharap solusi agar akses air bersih menjadi lancar.

"Kadang-kadang ada orang yang dapat (air tangki), ada yang nggak," kata dia.

Ketua RT 10 di rusun ini, Abidin Managkala, mengatakan ada 100 KK yang menghuni RT yang dia naungi. Semuanya terdampak kondisi sulit air belakangan ini.

"Ini hampir dua minggu lebih keluaran airnya kecil. Kita kesulitan," kata Abidin.

Abidin menjelaskan, ada dua ground tank atau bak penampungan air untuk 11 tower. Namun sekitar dua pekan belakangan, air yang mengalir dari bak penampungan air itu kecil. Warganya menjadi sulit mencuci baju atau mandi. Untuk air minum, banyak warga mengandalkan air galon.

Solusi yang biasa ditempuh warga, mereka pergi ke tower yang kebetulan aliran airnya sedang bagus. Keberadaan suplai air dari truk tangki belum cukup menolong 100 KK di tower yang dia kelola.

"Suplai air 5 mobil hingga 10 mobil tangki nggak cukup untuk 100 KK. Nggak sampai berjam-jam, keran sudah kering lagi," kata dia.

"Harapan kami, penginnya air kembali normal. Titik terang sampai sekarang belum jelas," kata pria paruh baya ini.

https://news.detik.com/berita/d-6569...tan-air-bersih

Walkotnya mana iniemoticon-Kalah

Pak heru mana ini...emoticon-Kalah
Cosmoflip
valkyr1
nomorelies
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.3K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.