masnukho
TS
masnukho 
Yakin Tidak Konsumsi Garam Bikin Awet Muda? Ini Dia Fakta Manfaat Garam Bagi Tubuh
Heboh awet muda karena tidak konsumsi micin dan garam, apakah benar tidak konsumsi garam bisa bikin awet muda?


Tyo Nugros, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan sosok mantan drummer dari band legendaris Dewa 19.

Belakangan ini nama Tyo Nugros kembali hangat diperbincangkan oleh warganet setelah tampil kembali bersama dengan para personel Dewa 19 di sebuah konser karena Tyo Nugros disorot sebab penampilan dan wajahnya yang awet muda seakan-akan tidak mengalami perubahan usia.

Beredar viral video Tyo Nugros menjelaskan bahwa dirinya tidak mengkonsumsi micin dan garam, karena itu menurut dirinya kurang baik bagi kesehatannya, dan oleh netizen dianggap bahwa rahasia Tyo Nugros awet muda adalah karena tidak mengkonsumsi MSG atau micin dan juga garam.

Merasa penasaran dengan kepercayaan bahwa tidak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan awet muda, TS mencari tahu fakta-fakta ilmiah manfaat garam bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang manfaat garam bagi tubuh dan apa yang akan terjadi jika manusia tidak mengkonsumsi garam sama sekali.




Garam, adalah senyawa kimia yang komponen utamanya yaitu natrium klorida, dan biasanya ditambahkan dengan unsur-unsur lain seperti iodium, kalium, kalsium, magnesium, dan lainnya.

Seringkali garam dijadikan sebagai penyedap masakan, entah itu makanan dengan kuah, camilan, atau yang sejenisnya.

Membahas tentang garam, ternyata senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia GanSis. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan karena garam dapat merangsang enzim pencernaan klorida dan protein, serta keberadaan unsur mineral kromosium, sulfur, dan yodium yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Bukan hanya itu, mengkonsumsi garam dalam kadar yang cukup juga dapat menjadi detokfisasi tubuh secara alami, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Meskipun garam sangat dibutuhkan oleh tubuh dengan beberapa manfaatnya, tentu mengkonsumsi garam dengan kadar yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan GanSis. WHO memberikan batasan konsumsi garam harian untuk manusia yaitu 2.400 mg perhari atau setara satu sendok teh.

Tidak mengkonsumsi garam sama sekali juga dapat mengakibatkan beberapa masalah, seperti mudah kelelahan, kejang otot, gangguan psikologis, kehilangan selera makan, dan juga osteoporosis.

Mengkonsumsi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan obesitas, dan orang yang mengalami obesitas juga akan lebih cepat tua dibandingkan yang melakukan diet rendah garam.



Berikut tadi GanSis manfaat serta resiko dari kurang mengkonsumsi garam atau terlalu banyak mengkonsumsi garam bagi manusia.

Tentu saja mau mengkonsumsi garam atau tidak mengkonsumsi garam, awet muda dipengaruhi oleh hal-hal lain seperti stres, gaya hidup, dan juga ketentraman hati serta perasaan.

Bagaimana, apakah Agan Sista masih mengkonsumsi garam?
Tetap dalam kadar yang cukup dan jangan berlebih-lebihan ya.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
agusn6778jagotorpedoogahruwet
ogahruwet dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5K
119
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.