Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vasilizaitsevAvatar border
TS
vasilizaitsev
Waspada Modus Penipuan “Promo KTA” BCA

Pada zaman sekarang, banyak sekali tawaran berhutang dari berbagai pihak. Bisa dari pinjaman online (pinjol), bank, multifinance, dan koperasi. Bukan hanya banyak penawaran tapi juga mudah syaratnya dan banyak promonya.

Kalau dari produk bank, jenis kredit yang paling menarik tentunya adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan). Alasannya karena kita bisa berhutang tanpa kasih barang yang dijaminkan atau “disekolahkan”.  

Produk KTA ini juga yang sering jadi modus penipuan zaman now. Salah satu bank yang dicatut namanya untuk penipuan ini BCA Grup. Kenapa disebut grup? Karena penipunya pake nama BCA dan BCA Finance (anak usahanya BCA).

#AwasModus yang dipake penipu kaya gini: Penipu menyebarkan/menempel brosur promo KTA yang mengatasnamakan BCA Finance di mesin ATM BCA, dengan sasaran nasabah yang sedang berada di ATM BCA.

Selebaran brosurnya seperti ini:


Melalui brosur tersebut, karena penawarannya sangat menarik (1 Jam Cair), beberapa nasabah yang tertarik akan menghubungi kontak yang tertera di dalam brosur, baik telepon ataupun WhatsApp.

Saat menghubungi kontak ‘BCA/BCA Finance’ yang sebetulnya menghubungi penipu, nasabah (korban) akan diminta ‘persyaratan pengambilan KTA’ dengan menyebutkan nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain-lain seperti biasanya modus-modus penipuan.

Ketika semua data pribadi perbankan didapatkan, maka penipu dapat mengakses mobile banking milik korban dan mengambil seluruh uang di rekeningnya. Dari cerita di atas, ada yang ane highlight dengan huruf bold. Maksudnya syarat itu (yang minta nomor kartu ATM, PIN, dan OTP) yang menurut ane udah ganjil banget. Masa mereka minta data sedetail itu. Kalau kaya gitu sih jelas banget penipuan. Wong, kalo kita berurusan di bank, karyawan banknya aja gak mungkin nanya kaya gitu.


Sebenarnya modus penipuan penawaran KTA BCA ini juga udah pernah ada yang ditangkap pada tahun 2021 lalu. Kalo bisa sih jangan sampe ada beritanya lagi ya di tahun ini, apalagi kalo sampe ada korbannya. Cek beritanya di sini


Menurut ane, kalau ada tawaran yang sangat menarik, contohnya bunga KTAnya rendah, syaratnya mudah dan cepat. Itu sih wajib curiga ya gess karena ini ada istilahnya “Too good to be true”. 

Situasinya mirip gini lah, kalau adek kita atau ada teman yang tiba-tiba baik pasti juga ngerasa aneh kan. Apalagi ini ada tawaran dari orang lain yang gak kita kenal masa kita juga gak merasa heran dan aneh?

Kalau mau lebih aman sih, pas kita dapat tawaran dari bank manapun langsung cek aja ke nomor kontak resmi banknya. Untuk Bank BCA, bisa cek info lengkapnya di sini.


ibelindua
arsenalkufc
Avnerhero
Avnerhero dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
504Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.