• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Honda Jazz, Tidak Semua Yang Berubah Itu Ternyata Diminati Oleh Pasar

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Honda Jazz, Tidak Semua Yang Berubah Itu Ternyata Diminati Oleh Pasar




Hi sobat kaskus,

Beberapa thread yang ane bahas tentang sebuah produk tentu inovasi dan perubahan membuat produk itu menjadi terkenal dan laku dipasaran, tapi bagaimana kalau ada produk yang berubah ternyata malah tak diminati oleh pasar.

Seperti salah satu produk andalan Honda, yaitu Honda Jazz yang sudah ada sejak tahun 2004. Dan sejak saat itu minat masyarakat terhadap mobil Honda Jazz ini cukup tinggi, dari segi penampilan, kenyamanan dan nama besar Honda gak usah diragukan lagi deh.



Terutama model dengan design yang keren ala Honda Jazz ini memang banyak diminati kawula muda, bisa dibilang tipe-tipe sporty untuk model kendaraan yang hadir di Indonesia pasti akan laris manis penjualannya.

Terlepas dari harga jual kembali yang menjadi perbandingan, tentu produk Toyota paling diunggulkan. Hingga kalau orang mau beli mobil pertama kali pasti milihnya produk Toyota, maklum harga jual kembali bagus, spart part kw juga melimpah, belom lagi mudah ngurusnya kalau terjadi kendala.

Kalau masalah kualitas?



Hampir semua mobil Jepang kualitasnya bagus, cuma Toyota sukses curi start di Indonesia jadi yang lain ketinggalan.

Balik lagi ke Honda Jazz, di tahun 2021 Honda Indonesia tidak lagi akan memasarkan Jazz karena alasan bentuknya sudah beda.

Aura Jazz yang sportynya sudah hilang, kalau yang new Jazz setelah tahun 2021 tampilannya lebih elegant dan lebih bulet2 gitu kaya kapsul.



Sedangkan Jazz sebelumnya lebih tajam, garis-garis tegas sporty seakan macho untuk dikendarai. Walaupun namanya itu cukup besar yaitu Jazz, namun mereka tetap tidak berani menjual Jazz jenis baru.

Apalagi di dukung fakta Honda Jazz laris di model yang lebih sporty, lah ini secara penampilan jauh dari kata sporty.

Maka Honda Indonesia lebih memilih Honda City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz, walau penjualannya juga masih kurang dibandingkan kompetitor.



Dalam kasus ini kita bisa belajar bahwa perubahan radikal dan menjadi berbeda itu tidak selalu disambut dengan baik, tidak selalu mendatangkan optimisme.

Namun setidaknya setiap produk memang harus berkembang dan berinovasi, kalau tidak seperti itu akan disalip oleh kompetitornya.

Tapi walau begitu berbeda dengan pendahulunya juga tak terlalu bagus, contohnya Honda Indonesia lebih memilih jual produk lain ketimbang memaksakan diri untuk jualan Jazz.



Namun apapun itu alasannya perubahan itu pasti terjadi, seperti heraklitus seorang filsuf Yunani mengatakan "tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri".

Perubahan memang tak selalu diterima, namun kalau tak berubah rentan sekali tersalip oleh kompetitor. Belum lagi pasar memang butuh penyegaran, tak heran di dunia motor Yamaha dan Honda sering sekali merubah produknya dalam jangka waktu hitungan tahun, padahal itu cuma beda striping ajakan, mesin dan body ya masih sama dengan yang sebelumnya.



Bahkan walau beda juga hanya ada perubahan minor, kecuali memang jangka waktunya sudah diatas 10 tahun mungkin akan ada perubahan yang radikal yang mereka terapkan.

Yah sama deh kaya penampilan thread di kaskus, dulu lebih sederhana tapi banyak yang suka. Sekarang perubahannya banyak banget sampai user jadul pun bingung, namun euforianya seakan hilang. Kaskus kalah bersaing dengan forum Facebook yang lebih variasi, dan bisa jadi tempat gosip emak-emak.



Maka memang berubah itu tidak selalu akan diterima oleh pasar, kaskus berubah secara radikal namun pasar tidak siap dengan perubahan itu. Maka satu persatu sahabat pergi dan tak kan pernah kembali.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









koi7
davianjustice
davecchio
davecchio dan 23 lainnya memberi reputasi
24
14.2K
211
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.