Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Pengadaan Drone Tempur Disetujui Kemenkeu, Mungkinkah Bayraktar TB2 Dibeli ?

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Pengadaan Drone Tempur Disetujui Kemenkeu, Mungkinkah Bayraktar TB2 Dibeli ?
Quote:


Setelah beberapa waktu lalu Kemenkeu (Kementerian Keuangan) sudah memberi lampu hijau untuk pengadaan tiga kapal bekas pakai Angkatan Laut Korea Selatan, baru-baru ini Kemenkeu kembali merestui pengadaan drone tempur untuk tiga matra TNI. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Janes.compada 9 Februari 2023 lalu.

Menurut salinan dokumen yang didapatkan Janes.com, saat ini pemerintah sedang mencari pihak yang mau memberikan pinjaman uang tersebut. Drone tempur adalah bagian dari daftar 16 program untuk pengadaan tahun ini, di mana izin untuk mengambil pinjaman luar negeri telah diberikan oleh Kementerian Keuangan, asalkan kontrak formal ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan sebelum 31 Desember 2023.

Yang menarik, persetujuan untuk pengadaan kendaraan udara tak berawak telah diberikan secara terpisah untuk masing-masing dari tiga matra TNI, termasuk kebutuhan amunisi. Untuk Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) misalnya, Kementerian Keuangan telah mengizinkan jumlah pinjaman hingga USD200 juta untuk pengadaan drone dan USD38,115 juta untuk amunisinya.

Untuk Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL), jumlah pinjaman yang disetujui hingga USD100 juta. Sementara TNI Angkatan Darat juga telah diberi izin untuk mengambil hingga USD10,89 juta untuk kebutuhan amunisi drone tempurnya.


Quote:


Sampai saat ini belum ada indikasi untuk jenis kendaraan udara tak berawak apa yang dibeli TNI, tetapi untuk amunisi, dokumen yang diterima Janes.com secara khusus menyebutkan bahwa drone tempur TNI AU, TNI AL dan TNI AD harus memakai amunisi MAM-L. Seperti yang kita ketahui MAM-L adalah amunisi yang biasa ditenteng oleh drone Bayraktar TB2 buatan Turkiye.

Amunisi beserta platform peluncurnya sudah terbukti battle provendi palagan konflik Ukraina, di mana pada Juli 2022; dua unit Raptor Patrol Craft milik Rusia berhasil dilumpuhkan menggunakan MAM-L yang diluncurkan oleh Bayraktar TB2. Jika TNI diharuskan memakai amunisi MAM-L, maka kuat dugaannya drone yang dibeli adalah Bayraktar TB2.

Sekilas tentang MAM-L merupakan akronim dari Mini Akilli Muhimmat-Lazer alias Micro Smart Munition. MAM-L memakai pemandu semi-active laser yang dapat menjangkau sasaran sejauh 8 km atau 15 km dengan dukungan Inertial Navigation System/Global Positioning System. MAM-L dilengkapi beberapa pilihan hulu ledak tandem mulai dari effective against reactive armor, high-explosive blast fragmentation dan thermobaric.

Dari sisi spesifikasi, MAM-L punya berat 22 kg, panjang 1 meter dan diameter 160 mm. Sementara fusi peledakan MAM-L memakai kombinasi impact dan proximity. MAM-L sendiri dikembangkan oleh Roketsan untuk kebutuhan pesawat serang ringan dan drone. Amunisi ini mampu menyerang target di darat, baik target yang diam atau bergerak dengan presisi tinggi.

Quote:


Di sisi lain, antara Turkiye dan Indonesia memang sedang mesra. Pasalnya selama acara Indo Defence 2022, kedua negara telah menandatangani kesepakatan di bidang industri pertahanan. Selain itu, saat ini perusahaan Turkiye FNSS dan PT Pindad telah bekerja sama dalam pengembangan tank mediuam Harimau. Lalu, apakah Bayraktar TB2 benar-benar akan jadi pilihan bagi ketiga matra TNI atau justru produk drone Turkiye yang lainnya ? Tentu kita harus bersabar dan menunggu kabar baiknya dalam beberapa bulan mendatang, sampai jumpa emoticon-Ngacir




------------------------





Referensi Tulisan: Janes.com& Roketsan
Sumber Foto: sudah tertera
geopoliticsgeek
jagotorpedo
69banditos
69banditos dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.