Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karyakarsaAvatar border
TS
karyakarsa
Trik Menulis Kisah Romantis yang Laris

Kalo ngomongin cerita romantis, kita seringkali dihadapkan dengan cerita romantis yang menggunakan plot Romeo dan Juliet. Misalnya kisah cinta yang dirahasiakan, ditentang, kisah cinta dalam perbedaan juga kisah cinta yang berakhir tragis. Maka dari itu, sebagai penulis harus mengubah novel yang dinilai membosankan ini menjadi novel romantis yang menari dan ceritanya tidak mudah ditebak. Apa aja ya kiat-kiatnya agar kisah romantis yang ditulis tidak memberi kesan monoton dan membosankan agar bisa banyak dibaca?


1. Pilih Tema yang Menarik


Tema yang ditentukan menjadi garis besar dari pesan cerita yang akan disampaikan. Beberapa tema novel romance atau romantis tersebut bisa dipilih seperti drama romance, historical romance, romance comedy, romance thriller, romance fantasy, atau pun romance action. Setelah menentukan tema di atas, agan dapat melakukan eksplorasi tema yang paling ideal dan dekat dengan dunia agan. Jika agan menggunakan cerita yang lebih dekat dengan lingkungan atau dunia agan. makan akan lebih memudahkan agan untuk menulis. Karena agan memiliki banyak pengetahuan tentang tema tersebut.

2. Tetapkan Latar Belakang Cerita


Setelah menentukan tema, agan sebagai seorang penulis harus menetapkan latar belakang cerita yang akan ditulis. Menetapkan latar belakang atau setting dalam novel akan membuat cerita tersebut semakin kuat, apalagi jika cerita tersebut memiliki genre romance. Untuk dapat menentukan latar belakang, agan bisa memikirkan di mana kisah cinta romantis yang akan dituliskan berlangsung? Misalnya aja tema yang agan ingin tulis adalah drama romance di perkantoran. Agan yang bekerja di perkantoran, pasti tahu ada banyak cerita romansa yang terjadi di kantor. Entah itu ada yang selingkuh atau menceritakan seorang lajang yang sudah level bos berpacaran dengan seorang resepsionis, office girl atau office boy. Hal-hal percintaan yang awalnya tabu dan kita berpikir tidak mungkin terjadi, dewasa ini benar terjadi dalam dunia nyata loh! Jadi jika agan bosan dengan cerita romantis yang gitu-gitu aja, agan bisa twist cerita romantis tersebut.

3. Buat Karakter Unik

Konten Sensitif

Agan harus menciptakan karakter yang unik di dalam cerita romance. Misalnya tentang kisah cinta segitiga atau kasih tak sampai antara para tokoh. Kemudian, perhatikan masing-masing karakter dalam cerita tersebut. Jangan sampai, karakter yang diceritakan di dalam cerita romance tersebut terlalu sempurna sehingga hanya jadi khayalan.

4. Ciptakan Pasangan Kekasih yang Kuat


Cerita romantis adalah cerita yang memiliki karakter cinta yang terikat dengan kuat. Artinya, agan harus ciptakan tokoh yang membuat kisah asmara atau romantis di dalam cerita dapat mengalir dengan kuat ke benak pembaca sehingga pembaca ikut terhanyut di dalam jalan cerita yang ditulis.

5. Lampaui Ekspektasi Pembaca


Jika agan belum menemukan drama romantis yang benar-benar berbeda dari kebanyakan cerita, maka agan tak perlu malu atau gengsi menggunakan cerita drama romantis yang udah ada sebelumnya. Jangan takut terjebak dengan drama cinta yang sudah umum. Pasalnya, kisah cinta yang paling menarik kadang tidak jauh dari tema-tema yang sudah sangat familiar seperti, dari benci jadi cinta, tadinya musuh kini menjadi kekasih, atau kisah tentang jatuh cinta dengan sahabat sendiri, cinta tak sampai karena perbedaan status sosial, budaya, keyakinan, dan masih banyak lagi. Ini adalah beberapa contoh tema kisah romantis yang sangat umum dan agan tidak perlu alergi dengan jalan cerita seperti itu. Gunakan aja salah satunya sebagai tema besar cerita agan, kemudian kembangkan dalam detail-detail yang lebih khas dengan gaya penulisan agan.

Kalo kegemaran agan adalah baca novel romantis yuk langsung baca novel-novel romantis dari kreator KaryaKarsa di link ini. Kisah-kisah yang ditulis sangat beragam dan bisa menjadi inspirasi agan untuk membuat novel romantis.

Jangan lupa follow fanpage, instagram, twitter, tiktok  KaryaKarsa ya!


harmagedon77
ar.pen
raaaaud20
raaaaud20 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.