Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya
Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya

Ban kendaraan baik itu motor atau mobil selalu membutuhkan asupan udara yang kemudian 'dikunci' dengan tekanan tertentu didalam ban sehingga ban memiliki kelenturan dan kendaraan pun lebih nyaman ketika melewati jalan yang tidak rata atau rusak.

Sekarang ini kita memiliki dua alternatif cara mengisi angin ban. Pertama, angin yang bisa kita pompa sendiri dimanapun berada serta angin nitrogen dimana kita harus mendatangi jasa isi angin nitrogen dan harus membayar.

Tidak dipungkiri memang, dimasyarakat ada yang pro dan kontra tentang jasa angin nitrogen ini karena masyarakat menganggap mengisi ban dengan angin nitrogen adalah perbuatan mubazir karena udara di bumi sendiri sudah mengandung 79% nitrogen.

Jadi hanya dengan memompa sendiri dirumah sudah cukup, tidak perlu susah-susah mencari jasa angin nitrogen dan membayarnya tidak salah juga. Tapi jika mengisi dengan angin nitrogen maka angin yang diisikan ke ban adalah angin nitrogen murni yang tidak tercampur oksigen karena sudah di filter oleh CMS (carbon molecular sieve).

Saya pribadi awalnya juga ragu tapi ada rasa penasaran apa dan bagaimana rasanya setelah ban kendaraan saya diisi dengan angin nitrogen. Kebetulan di daerah saya ada beberapa titik jasa isi angin nitrogen ini, biasanya berada dalam satu kawasan Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU).

Tanpa terasa sudah 6 tahunan ini saya mengisi ban kendaraan dengan angin nitrogen, sehingga setidaknya saya tahu mana outlet jasa isi angin nitrogen abal-abal dan mana outlet yang asli serta perbedaan dengan mengisi ban dengan angin biasa.

Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya

3 cara mudah mengenali jasa pengisian angin nitrogen yang asli adalah yang pertama paling umum adalah usaha mereka selalu berada dalam satu kawasan badan usaha seperti SPBU dengan identik warna dan logo tertentu atau bengkel besar yang memang menyediakan angin nitrogen secara gratis ketika kita melakukan service disana.

Yang kedua, lokasi mereka sangat mudah terlihat dari kejauhan karena biasanya bercat merah, tulisannya cukup besar termasuk nomor call centre juga, operatornya berpakaian rapih, peralatan dan perlengkapannya termasuk cukup besar serta lokasinya semi permanen.

Terdapat mesin dispenser angin yang dilengkapi dengan layar digital petunjuk angka, tabung nitrogen serta kompressor untuk membantu nitrogen masuk ke ban lebih cepat (dibutuhkan kompressor karena ban masih tetap menahan beban kendaraan yang kita tahu tidaklah ringan).

Yang ketiga, jika kita mengisi angin nitrogen dari awal (kuras, mengosongkan semua angin dari dalam ban) maka operator biasanya akan memvakum ban yang dimaksudkan. Tujuan memvakum adalah agar benar-benar mengeluarkan semua angin lama yang masih terjebak di dalam ban.

Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya

Ketiga tanda diatas adalah cara mengenali jasa isi angin nitrogen yang benar. Jika satu saja tidak ditemukan maka kamu harus waspada, apalagi ketika proses mengisi terdengar suara kompressor terlalu kasar dan bising dikhawatirkan angin yang diisi hanya angin biasa. Bisa jadi kita ditipu.

Manfaat mengisi ban kendaraan dengan angin nitrogen yang selama ini saya rasakan adalah suspensi kendaraan terasa sedikit lebih empuk darisebelumnya, manuver kendaraan baik motor atau mobil jadi sedikit lebih lincah.

Tips untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya setiap mendatangi jasa angin nitrogen bukan minta ditambah angin ketika ban mulai kempis, tapi minta sekalian diisi ulang semua angin bannya (kuras angin). Bilang ke operatornya agar ban di vakum dulu hingga terdengar suara 'plop' agar ban benar-benar kosong dari angin lama. Hasilnya pasti lebih maksimal karena kualitas nitrogen akan selalu baru dan segar.⁶

Keuntungan lain seperti yang sering kita dengar adalah dengan terbiasa mengisi ban dengan angin nitrogen umur ban jadi jauh lebih awet, tidak mudah retak, umur velg juga lebih awet karena nyaris tidak korosi atau berkarat (nitrogen tidak mengandung oksigen).

Jadi kenapa kita harus membayar ketika mengisi angin nitrogen karena memang ada manfaatnya buat kendaraan kita seperti kaki-kaki kendaraan lebih awet dan mengendarai jadi lebih nyaman. Ini sih pendapat pribadi yang tidak dibayar sepersen pun oleh siapapun. Boleh percaya boleh tidak. Semoga bermanfaat.


Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya

Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel


Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya
Tips Mengenali Outlet Nitrogen yg Benar Dan Manfaatnya
Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 13-02-2023 01:11
0
1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.