Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Transplantasi Otak, Mungkinkah Jadi Solusi Untuk Hidup Abadi?

Sumber Gambar

Kemungkinan manusia untuk hidup abadi memang menjadi pembahasan yang menarik. Bagaimana pun, penyebab kematian manusia adalah melemahnya sistem dan organ-organ dalam tubuh pada saat semakin tua. Apabila semua masalah itu bisa teratasi, bukan tak mungkin manusia bisa hidup selamanya. Walau pada akhirnya harus berhadapan dengan masalah populasi.

Kematian manusia juga sebenarnya dibutuhkan untuk mengurangi populasi apabila jumlah kelahiran terus terjadi. Supaya dunia ini tidak terlalu penuh dan selalu ada tempat untuk makhluk lain. Tapi tetap saja, hidup abadi adalah hal yang hebat.

Baru-baru ini TS membaca mengenai kemungkinan adanya praktek transplantasi otak. Yang katanya bisa mengatasi penuaan. Sergio Canavero, dia adalah orang Italia yang meyakini ide gila ini. Ahli bedah saraf ini yakin bahwa dengan pemindahan otak dari tubuh tua ke tubuh yang lebih muda dapat memperpanjang umur manusia.


Sumber Gambar

Jadi mungkin maksudnya, seorang manusia dengan kesadaran yang sama dipindahkan ke tubuh yang berbeda. Sehingga jika TS otaknya dipindah ke tubuh lain, TS akan tetap menjadi TS secara kesadaran dan ingatan. Tapi dengan tubuh yang berbeda. Terdengar seperti cerita fiksi ilmiah, tapi bisakah praktek ini dilakukan?

Sergio telah menulis sebuah makalah yang diterbitkan dalam Surgical Neurology International dengan judul, Transplantasi Otak Seutuhnya pada Manusia: Secara Teknis Layak. Sergio melihat adanya peluang yang kemudian ia yakini kemungkinannya. Ia merasa, dengan idenya ini manusia akan mampu melawan penuaan bahkan mengalahkan kematian.

Proyek miliknya disebut dengan nama Perseus. Proses mengangkatan otak manusia bisa dilakukan dengan sendok robot yang memiliki gigi-gigi yang bisa ditarik. Lalu dimasukkan ke dalam tubuh baru, selanjutnya dilakukan penyambungan syaraf kembali.


Sumber Gambar

Secara teoritis ide ini bisa saja diwujudkan, tapi praktek di lapangannya apakah berhasil? Katanya, otak yang ditransplantasikan juga bisa dari orang yang sudah mati. Entah bagaimana caranya, orang yang sudah mati tentu otaknya juga mati. Apakah dia akan terbangun menjadi manusia baru?

Sergio Canavero memang memiliki terobosan ilmiah yang gila. Sebelumnya ia pernah ingin melakukan transplantasi kepala. Tapi karena dinilai tidak mungkin, ia kini fokus meneliti transplantasi otak yang menurutnya lebih sederhana dan mudah.

Wah gimana nih gansis? Mungkin transplantasi otak bisa jadi solusi untuk orang-orang yang gak punya otak. Contohnya seperti orang yang parkir motor di depan gerbang rumah sembarangan, nah itu gak punya otak tuh. Wajib jadi percobaannya si Sergio. Wkwkwk.


Sumber Gambar

Kembali ke topik manusia abadi. Kalau otak dipindah dari satu tubuh ke tubuh lain, maka bisa disebut sebagai transfer nyawa dong ya? Atau malah menjadi pertanyaan baru, apakah nyawa itu ada?

Jika saja upaya Sergio berhasil, maka ini akan menjadi sebuah penemuan luar biasa yang mungkin akan mengubah dunia Di mana manusia menjadi makhluk yang luar biasa hebat. Di saat makhluk lain berjuang untuk tidak mati, manusia justru melawan kematian. Sayang, TS sendiri masih skeptis kalau hal ini bisa terwujud. Tapi selama masih ada peluang, siapa tahu terjadi.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Gimana gansis, kalian mau hidup abadi?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
ridaus48
edilokonga503
jlannister
jlannister dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.4K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.