Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karyakarsaAvatar border
TS
karyakarsa
4 Jenis Cerita Fantasi yang Menarik. Agan Lebih Suka yang Mana?


Pasti diantara agan-agan udah engga asing lagi dengan cerita fantasi ya. Cerita fantasi dibuat oleh penulis dengan kreativitas tinggi dan pengembangan karakter yang unik. Sehingga, dari sang pembaca akan terhibur dan ikut mengembangkan imajinasinya sendiri. Banyak jenis cerita fantasi yang bisa diwujudkan dalam sebuah novel, cerpen, atau cerita bersambung. Perlu diketahui bahwa cerita fantasi terdiri dari beberapa jenis. Apa aja ya jenis-jenis cerita fantasi?

1. Epic Fantasy


Fantasi epik adalah jenis fantasi skala besar yang memiliki plot, aturan, dan hukum sendiri. Alur cerita fantasi epik biasanya berpusat pada satu karakter yang berkembang sepanjang cerita. Di samping itu, cerita fantasi epik kadang juga memfokuskan alur cerita pada sekelompok karakter lain yang juga berkembang dengan baik sepanjang cerita. Contoh novel cerita fantasi yang masuk dalam kategori fantasi epik adalah The Lord of the Ring atau pun The Hobbit. Agan bisa perhatikan bagaimana tokoh utama cerita seperti Frodo dan teman-temannya berkembang dengan sangat baik dari awal hingga akhir cerita.

2. Low Fantasi


Jenis cerita fantasi yang satu ini kebalikan dari fantasi epik. Dalam Low Fantasy semua setting dan latar belakang cerita terjadi di dunia nyata atau dalam kehidupan realistis pada umumnya. Namun, dalam cerita akan ada tambahan sebuah unsur magic atau supranatural yang membuat orang kaget. Contoh dari cerita low fantasi adalah dari buku anak-anak yang berjudul Night at the museum. Kebayang gak sih ketika menjaga museum tiba-tiba kerangka atau patung bisa hidup saat malam hari?

3. Realistic Magic


Kalo dalam cerita low fantasi, kekuatan magis atau supranatural adalah hal yang tabu, berbeda dengan realistic magic. Fantasi realistis magis justru menganggap supranatural atau magis adalah sesuatu yang normal dan umum. Dalam cerita ini karakter memiliki kekuatan seperti teleportasi, telekinesis, atau kekuatan magis lainnya. Kekuatan yang dimiliki oleh karakter bukanlah hal aneh, melainkan adalah hal yang biasa terjadi.

4. Dark Fantasy


Jenis cerita fantasi selanjutnya adalah salah satu jenis cerita fantasi yang paling banyak penggemarnya. Dark fantasy atau fantasi gelap adalah jenis cerita fantasi yang menggabungkan antara unsur fantasi dan horor. Tujuan dari jenis cerita fantasi gelap adalah memberikan efek takut kepada pembaca. Beberapa jenis tema yang cukup populer dalam penulisan cerita dark fantasy adalah tentang monster dari alam lain, dan lain sebagainya

Nah, itu dia 4 ide untuk membuat cerita fantasi. Semoga agan-agan yang baca tercerahkan untuk membuat cerita fantasi yang kayak apa. Buat yang suka cerita fantasi, yuk langsung baca karya dari Shujinkouron  dan Pujangga  di KaryaKarsa. 

Jangan lupa cendol dan komen juga ya gan! Dan gabung juga di fanpageKaryaKarsa dan follow kita di instagram, twitter, dan tiktok.


pennynoss
hallowwolf94
raaaaud20
raaaaud20 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.