mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Esemka Bakal Muncul di IIMS 2023?

Mobil Esemka kembali hadir pada awal 2023 setelah lama tak terlihat. Pada pertengahan bulan Februari ini, mobil ini akan langsung hadir di ajang International Indonesia Motor Show (IIMS) 2023.

Penyelenggara IIMS menulis “Welcome, @esemkaindonesia akan menjadi salah satu pameran kami di Hall A #IIMS2023!” di akun media sosialnya.

Esemka juga diduga akan memperkenalkan mobil listrik pada ajang IIMS 2023, dengan beredarnya foto-foto yang diduga sebagai calon mobil listrik Esemka.

Mobil Esemka memang sudah lama tak terlihat, bahkan keberadaan dealer-nya pun tidak diketahui.

Peluncuran mobil barunya juga sangat minim aktivitas, jauh berbeda dari pabrikan mobil lain seperti dari Jepang. Oleh karena itu, muncul pertanyaan mengenai siapa pembeli Esemka.

Berdasarkan sejarahnya, pembeli mobil ini biasanya hanya terbatas pada pemerintah. Pada tahun 2019, INKOPAU menggunakan Esemka Bima untuk kegiatan operasional yang dihibahkan ke TNI AU.

“@_TNIAU: Sebanyak 35 unit mobil Esemka Bima akan dibeli oleh Inkopau dan dihibahkan ke TNI AU untuk mobilitas Skadron Udara dan Skadron Teknik di sisi udara (air side) hanggar, apron, taxyway atau runway. Mari kita dukung industri dalam negeri agar bisa terus berinovasi”.

IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


DAIHATSU SIGRA

NISSAN SERENA

TOYOTA AVANZA

HONDA JAZZ

Pada akhir tahun 2019, Kementerian Pertahanan membeli 10 unit mobil Esemka Bima 1.3 yang akan digunakan sebagai alat transportasi dalam tugas dan mobilitas Kementerian Pertahanan.

Awal tahun 2020, mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga membeli pikap Bima. Dalam unggahan di media sosialnya, mobil itu berwarna perak dengan bumper hitam dan emblem Esemka Bima 1.2 di belakang bak.

Pada awal 2021, pemerintah desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah memilih menggunakan mobil Esemka tipe Bima 1.3 pick-up sebagai kendaraan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kebonan Mandiri.

Logo Mobil Esemka


Logo baru Esemka pertama kali muncul di akun Instagram IIMS, @iims_id. Logo ini tampil berbeda dari logo lama yang menggunakan huruf “E” dengan tiga lis menyerupai bendera.

Logo baru Esemka lebih menyerupai huruf “M” dengan garis lengkung di tengah huruf tersebut. Tampilan ini mirip dengan logo pabrikan asal China, Hozon Auto.

Banyak pihak yang mengindikasikan ada kerja sama antara kedua perusahaan. Meskipun masih belum jelas kebenarannya.

Mobil Esemka Bima

Dalam sejarahnya, Esemka sudah memproduksi sebuah mobil bernama Esemka Bima. Ini adalah mobil pikap produk pertama yang diproduksi secara massal oleh perusahaan tersebut.

Kendaraan ini dibuat di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah. Esemka Bima diluncurkan pada 6 September 2019 dan 26 produsen komponen lokal menyediakan suku cadang untuk mobil ini, termasuk PT INKA.

Esemka mengklaim bahwa Bima dibangun dengan konten lokal sebesar 60-62 persen, meskipun desain cetak birunya diduga identik dengan truk pikap Changan, Jinbei, dan Shineray. Nama Bima pertama kali didaftarkan pada tahun 2012 bersama dengan SUV Rajawali.

Esemka berencana untuk bekerja sama dengan produsen mobil Tiongkok Chery dan Foday untuk memproduksi Bima.

Mobil ini ditujukan sebagai truk pikap berbiaya rendah yang dilengkapi dengan mesin bensin 1.1 liter dan ditujukan untuk petani di pedesaan. Pada tahun 2013, sebanyak 40 unit Bima dan Rajawali sudah didistribusikan.

LINK ARTIKEL ASLINYA GAN



mancitybest
bang.toyip
scbd88official
scbd88official dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.