Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Kapolda Papua Ungkap Evakuasi 15 Pekerja Disandera KKB Dibantu Pendeta

Kapolda Papua Ungkap Evakuasi 15 Pekerja Disandera KKB Dibantu Pendeta
Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 08 Feb 2023 18:17 WIB

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri (Azhar/detikcom)
Jakarta - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyebut proses evakuasi 15 pekerja pembangunan puskesmas dibantu oleh pendeta. Ke-15 pekerja tersebut sebelumnya sempat diancam akan dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga.
"Warga masyarakat yang 15 tadi sudah diamankan oleh Bapak Pendeta. Kami memang sangat berterima kasih kepada pendeta, karena tahu ada kejadian itu, langsung dibawa keluar para pekerja itu, karena takut ada korban para pekerja. Mereka sudah keluar dulu, barulah ditahan pesawat termasuk pilot (Susi Air)," kata Mathius di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Mathius mengatakan pilot Susi Air, Captain Philips M, yang merupakan WN Selandia Baru, tidak jauh dari Paro. Dia menyebut pihaknya bakal berkoordinasi lagi dengan pihak terkait untuk mencari keberadaannya.

"Nah pilot itu sementara memang masih tidak jauh dari Paro. Kita, saya, Bapak Pangdam, telah berkoordinasi aktif dengan pemerintah daerah dan tokoh gereja dari Kingmi," katanya.

"Kami minta juga ada bantuan dari masyarakat setempat yang dekat dengan kelompok KKB ini untuk berkomunikasi supaya pilot yang selama ini melayani di paro itu kasihan masyarakat di Paro, ini bisa segera dikembalikan," tambahnya.

Lebih lanjut, Mathius memastikan pihaknya akan berusaha maksimal untuk mengevakuasi Captain Philips.

"Upaya maksimal akan selalu kami lakukan supaya bisa mengembalikan pilot itu, kami minta waktu, kami selaku yang berada di lapangan dengan Bapak Pangdam akan melaksanakan apa yang diperintahkan pemerintah atau dari pimpinan kami untuk segera paling tidak bisa mengevakuasi pilot yang sampai saat ini belum kembali," ujarnya.

Sebelumnya, gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi 15 tukang bangunan yang sempat diancam dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga.

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani membenarkan ke-15 tukang yang membangun puskesmas dan rumah petugasnya di Paro, sudah dievakuasi dan tiba di Timika.

"Mereka baru saja tiba di Timika dan akan langsung diperiksa kesehatannya," kata Kombes Faizal seperti dilansir Antara, Rabu (8/2).

Dikatakannya, proses evakuasi dilakukan setelah tim yang dipimpin Kapolres Nduga AKBP Rio Aleksander Penelewan dengan menggunakan helikopter tiba di sekitar lokasi ke-15 orang tukang yang diamankan masyarakat di kawasan itu.

Mereka melarikan diri dan diselamatkan warga ke atas gunung, setelah diancam hendak dibunuh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Para pekerja bangunan itu berada di atas gunung dan sempat berkomunikasi karena ada sinyal, sehingga posisinya diketahui dan setelah diamankan langsung dievakuasi ke Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga," kata Kombes Faizal yang juga menjabat Dirkrimum Polda Papua.

https://news.detik.com/berita/d-6558...bantu-pendeta.

teroris masih segan sama pendeta...

Kapolri: Semua Penumpang Susi Air di Papua Dievakuasi, Pilot Masih Dicari
Kapolda Papua Ungkap Evakuasi 15 Pekerja Disandera KKB Dibantu Pendeta
Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 08 Feb 2023 17:05 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta - Tim TNI-Polri mengevakuasi seluruh penumpang Susi Air usai pesawat PK-BVY dibakar KKB di Nduga, Papua Tengah. Selain itu, 15 orang pekerja yang sempat disandera juga telah dievakuasi.
"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan sudah dievakuasi," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Sigit menjelaskan tim Satgas Damai Cartenz saat ini masih bekerja. Pilot pesawat Susi Air yang hilang masih dalam pencarian.

"Kita akan ambil langkah-langkah penyelamatan pilot dari Susi Air yang saat ini sedang dalam pencarian," ujar Sigit.

Sebelumnya, KKB membakar pesawat PK-BVY milik maskapai Susi Air di Lapangan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah. Ada WN Selandia Baru, Captain Philips M, selaku pilot pesawat yang disandera.

Pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan nomor penerbangan SI-9368 itu awalnya lepas landas dari Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Mimika, Selasa (7/2/2023), sekitar pukul 05.33 WIT.

Polisi mengatakan pesawat Susi Air ternyata dibakar KKB di bawah pimpinan Egianus Kogoya. Hal ini diungkapkan oleh Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa.

"(Pesawat Susi Air) dibakar KKB," ujar Mayjen Saleh kepada detikcom, Selasa (7/2).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengaku pesawat Susi Air diduga ditahan KKB hingga belakangan dilaporkan terbakar di Bandara Paro.

"Tidak menutup kemungkinan pesawat tersebut ditahan oleh KKB Nduga Pimpinan Egianus Kogoya dikarenakan sampai saat ini belum bisa dihubungi oleh pihak penerbangan," ujar Benny dimintai konfirmasi terpisah.

Adapun nama penumpang pesawat Susi Air yang dibakar KKB, sebagai berikut:

1. Demanus Gwijangge (laki-laki)
2. Minda Gwijangge (perempuan)
3. Pelenus Gwijangge (laki-laki)
4. Meita Gwijangge (perempuan)
5. Wetina W (bayi)

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri mengatakan kelompok Egianus Kogoya juga sempat menyandera 15 pekerja.

"Iya (15 pekerja disandera), dari kelompok Egianus, ya," ujar Mathius saat dihubungi detikcom, Selasa (7/2)

https://news.detik.com/berita/d-6558...-masih-dicari.

Semua sudah dievakuasi kecuali pilot ...



Pimpinan Tertinggi KKB Terdeteksi, TNI-Polri Bergerak
Kapolda Papua Ungkap Evakuasi 15 Pekerja Disandera KKB Dibantu Pendeta
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/FOTO: Rizky Adytia-VOI
Bagikan:


JAKARTA - Panglima TN Laksamana Yudo Margono menegaskan sudah mengetahui identitas pimpinan tertinggi dari Kelompok Kriminal Besenjata (KKB) di Papua. Wilayah rawan aksi penyerangan sudah terpetakan.

"Sudah. Pasti sudah. Wong masyarakat di daerah situ pasti tahu ini siapa-siapa," ujar Yudo kepada wartawan, Rabu, 8 Februari.

Untuk wilayah rawan gangguan keamanan, dikatakan ada empat titik. Tapi tak dirinci lokasi pastinya.

Tidak semuanya, kita petakan ada 4 daerah yang ada kerawananmya yang diganggu ktu.

"Jadi jangan membayangkan semua daerah itu terjadi seperti itu. KKB ini kelompok-kelompok kecil di suatu daerah yang mengganggu masyarakat yang aman di situ," sebutnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya akan terus memastikan keamanan Papua. Bila ada kelompok yang mengganggu keamanan, tentunya akan ditindak tegas.

"Terhadap kelompok yang terus melakukan gangguan keamanan tentunya TNI-Polri sepakat bahwa kita akan melakukan penegakkan hukum secara tegas. Tentunya norma-norma terkait HAM tetap kita perhatikan," sebut Sigit.

Dalam waktu dekat personel TNI-Polri akan dikirim kembali ke Papua. Tujuannya, untuk penebalan keamanan dan terhindar dari serangan kelompok sparatis.

"Sebagai contoh tentunya penebalan di wilayah-wilayah rawan, daerah-daerah merah tentunya menjadi atensi kita sehingga jumlah KKB, serangan KKB, kita harapkan bisa kita kurangi khususnya munculnya korban di masyarakat," kata Sigit.
https://voi.id/berita/252360/pimpina...polri-bergerak

Nanti banyak yang protes karena kehadiran lebih banyak anggota TNI
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
-1
1.1K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.