Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Bekerja di sebuah instansi kesehatan tentu memiliki tanggung jawab yang besar. Seperti rumah sakit misalnya, tempat ini jelas amat dibutuhkan untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat. Dokter menjadi salah satu peran vital dalam berjalannya instansi ini dengan dibantu oleh beberapa elemen lain yang mendukung pekerjaannya.

Salah satunya adalah perawat. Dengan adanya perawat, pekerjaan dokter akan menjadi jauh lebih ringan. Dokter tidak perlu setiap jam mengawasi dan menjaga pasien, cukup menerima laporan dari perawat saja dan melakukan pengecekan di waktu-waktu tertentu. Akan tetapi, bagaimana jika perawat lalai dalam menjalankan tugasnya?

Resiko terburuknya akan terjadi hal seperti yang akan TS bahas kali ini. Kalian pasti sudah mendengar kasusnya, TS juga sudah dengar lama tapi rasanya sayang jika melewatkan yang satu ini. Yaitu kejadian di mana seorang perawat tidak sengaja memotong jari kelingking seorang bayi dengan gunting.

Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Kejadian ini terjadi di RS Muhammadiyah Palembang. Bayi berusia 8 bulan harus bernasib buruk setelah jari kelingking sebelah kirinya terpotong oleh gunting. Agak ngilu mendengarnya, tapi inilah yang terjadi. Akibatnya, orang tua melaporkan kasus ini ke kepolisian.

Semua berawal pada saat si perawat ingin membuka infusan. Ayah korban sudah menyarankan agar membuka perbannya saja. Tapi si perawat malah menggunakan gunting besar yang akhirnya malah tak sengaja menggunting jari bayi malang itu. Ya namanya juga bayi ya, mungkin tangannya gerak atau gimana eh gak sengaja masuk ke gunting.

Kondisi sang bayi setelah terpotong jarinya cukup memprihatinkan. Ia harus menjalani operasi karena kejadian ini. Dan semuanya ditanggung oleh RS Muhammadiyah Palembang. Entah, apakah kira-kira jarinya masih bisa disambung lagi?

Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Operasi penyambungan jari bisa saja dilakukan asalkan jari yang terputus itu tidak lebih dari 12 jam. Karena masih ada kemungkinan jaringan otot untuk disambung kembali. Tujuan utama penyambungan jari kembali adalah mengembalikan kemampuan menggenggam. Meski begitu, ada beberapa kondisi di mana jari tidak bisa disambung lagi.

Seperti jari yang sudah kotor dan hancur, biasanya akibat kecelakaan di mesin-mesin pabrik. Bila seperti ini penyambungan tak mungkin dilakukan dan akan lebih baik jika dilakukan amputasi. Karena dikhawatirkan akan terjadi infeksi bila dipaksa disambungkan.

Selain itu, pertolongan pertama yang dilakukan juga berpengaruh kepada peluang berhasilnya operasi penyambungan jari. Cara pertolongan pertamanya tentu dengan mencuci bersih luka di tangan dan memposisikan tangan lebih tinggi dari jantung. Hal ini supaya mengurangi jumlah darah yang keluar.

Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Bagaimana dengan potongan jarinya?emoticon-Bingung (S)

Hal ini berlaku apabila jari benar-benar putus hingga terpisah dari tangan. Kurang lebih sama saja, dicuci dengan air steril atau air garam juga bisa. Potongan jari lalu dibyngkus dengan kain kasa dan masukan ke kantong yang bersih. Kalau bisa kantong kedap air. Selanjutnya letakkan di atas es yang dingin. Tapi jangan sampai jarinya kontak langsung dengan es. Karena akan merusak jaringan di dalamnya.

Kembali ke kasus di RS Muhammadiyah tadi. Sebagai permintaan maaf, mereka memindahkan bayi ke ruang ICU. Tapi itu tidak mengembalikan kondisi bayi seperti semula. Bagi TS itu bukan bentuk permintaan maaf, tapi pertanggung jawaban. Sedangkan si perawat ditetapkan sebagai tersangka dan terancam lima tahun penjara.

Kasus Jari Bayi yang Putus, Bisakah Disambung Lagi? Ini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Ini pelajaran untuk kita semua. Walau dalam penanganan orang yang profesional di bidang kesehatan pun, kita tidak bisa menyerahkan sepenuhnya pada mereka. Sebagai pasien atau keluarga pasien, kita harus mengawasi betul-betul pekerjaan mereka. Karena mereka juga manusia, bisa saja salah. Kita juga perlu belajar mengenai hal-hal dasar soal medis agar peka bila ada yang janggal.

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

Gimana gan? Adilkah 5 tahun penjara untuk si perawat? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
ochezz
screamo37
screamo37 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.8K
118
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.