Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yasuhito.endoAvatar border
TS
yasuhito.endo
Indeks Perspesi Korupsi 2022 Anjlok, SDR: Mungkin Gara-gara Kasus Formula E
[url]https://akuraS E N S O Rindeks-perspesi-korupsi-2022-anjlok-sdr-mungkin-gara-gara-kasus-formula-e[/url]

AKURAT.CO Transparency International merilis Corruption Perception Index (CPI) atau Indeks Persepsi Korupsi Indonesia tahun 2022 anjlok dibandingkan tahun sebelumnya. Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto menekankan banyak stakeholder yang bertanggung jawab dan berperan untuk CPI.

"Silakan lihat faktor-faktor yang dinilai. Sektor pelayanan publik, perijinan usaha, kepastian hukum, iklim ivestasi, democracy, law enforcement, political dan lain-lain," ujar Hari dalam keterangannya kepada Akurat.co, Jumat (3/2/2023).

Padahal, SDRP mencatat CPI terendah terjadi pada tahun 2012 sebesar 32 poin. "Waktu itu enggak ada yang ribut termasuk Novel, diam saja. Pimpinan Bambang Widjajanto, Abraham Samad ke mana saat tahun 2012? Mereka diam saat KPK dikuasai dan dikoptasi ke mana," kritik mantan aktivis 98 yang akrab disapa Petot ini.

Ia merinci mulai maraknya pungli di pelayanan publik, tambang ilegal yang masih menjamur hingga suap perizinan. "Korupsi di DKI masih banyak dengan modus lebih bayar. Dan itu kan juga bentuk korupsi yang mengakibatkan menurunnya CPI. Formula E itu juga korupsi," tuturnya.

Menurutnya, jika Bambang Widjajadjo dkk merupakan pemberantas korupsi maka seyogyanya mendukung KPU mengungkap dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Bukan malam sebaliknya melindungi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

"Selama ini DKI dilindungi oleh yang mengaku pendekar pemberantas korupsi, dan KPK sendiri harus menunjukkan keseriusan," tegasnya.

Bahkan, lanjut Hari, keseriusan tersebut dengan melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menghitung kerugian negara terkait kasus dugaan korupsi Formula E.

"Dengan KPK menggandeng BPK tidak memerlukan syarat harus dulu tahap penyidikan, bisa juga pada tahap penyelidikan. BPK wajib audit penggunaan APBD DKI tahun 2019 khusus Formula E dalam tahap penyelidikan," terangnya.

Ia menengarai tahapan dari penyelidikan menuju penyidikan dalam penanganan korupsi Formula E bisa menjadi salah faktor dominan Corruption Perception Indeksi (CPI). []
kyuudere
nomorelies
bukan.bomat
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.