harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Desa Severny, Saksi Sejarah Dampak Ledakan Tsar Bomba!

Sumber Gambar

Tsar Bomba seperti yang sudah TS bahas di thread sebelumnya merupakan salah satu bom nuklir asal Rusia yang cukup terkenal. Uji cobanya dengan daya ledak 50 megaton TNT menjadi salah satu ledakan bom terbesar dalam sejarah. Bahkan saat itu pernah ada wacana untuk mencoba Tsar Bomba dengan kekuatan 100 megaton TNT, 2 kali lebih besar dari ledakan pertama. Namun hal ini akhirnya batal karena dapat berpengaruh besar ke atmosfer bumi.

Pulau yang menjadi tempat Uni Soviet saat itu meledakkan Tsar Bomba bernama Novaya Zemlya pada 30 Oktober 1961. Mereka sengaja memilih lokasi yang jauh dari pemukiman dan terpencil sebagai lokasi uji coba. Hal ini dilakukan jelas untuk menghindari adanya korban.

Namun siapa sangka, meski sudah diledakkan di tempat terjauh pun Tsar Bomba masih menelan korban. Dilaporkan Desa Severny yang jaraknya sekitar 55 kilometer dari titik ledakan mengalahi kerusakan parah pada rumah-rumah mereka. Selain itu, hawa panas dari Tsar Bomba mengakibatkan luka bakar tingkat tiga kepada penduduk setempat.



Sumber Gambar

Namun, sejauh ini belum pernah ada laporan korban jiwa atau warga meninggal akibat efek radiasi. Padahal jika mengikuti perhitungan yang dibuat nukemap. Wilayah dengan radius 55 kilometer masih akan merasakan radiasi termal yang menyebabkan luka bakar parah dan radiasi termal. Berpotensi menyebabkan kecacatan permanen. Apakah pemerintah Uni Soviet merahasiakan ini?

Selain itu, pilot dari pesawat yang mengangkut Tsar Bomba saat itu hanya memiliki peluang selamat 50%. Tapi beruntung mereka masih bisa lolos dari ledakan itu. Menurut pilot dan awak pesawat, Tsar Bomba dijatuhkan dengan parasut. Ledakannya sangat luar biasa dan sulit untuk percaya bahwa ada ledakan seperti itu. Seperti hal supernatural.

Seorang partisipan yang menonton ledakan ini menggunakan kacamata hitam juga ikut merasakan gelombang panas meski berada di jarak 270 km dari titik ledakan. Lalu di jarak 7000 km gelombang kejut masih terasa san memecahkan kaca di Finlandia dan Norwegia.

Namun banyak pihak menilai, Tsar Bomba hanya digunakan sebagai ajang pamer dan propaganda. Hal itu karena Tsar Bomba dinilai tidak efektif karena perlu dibawa dengan pesawat dan dijatuhkan secara manual. Tidak bisa diluncurkan seperti rudal balistik. Sehingga penggunaannya di masa kini tidak efektif.


Sumber Gambar

Tapi di masa depan, bukan tidak mungkin akan ada teknologi yang sanggup meluncurkan Tsar Bomba. Atau bahkan sebuah rudal balistik dengan kekuatan setara Tsar Bomba. Atau bahkan sudah ada tapi ditutup-tutupi, siapa tahu kan.

Jika uji coba Tsar Bomba hanya ajang pamer, layakkah sampai mengorbankan warga desa Severny yang hidup damai dan tentram. Tiba-tiba tanpa tahu apa-apa mereka melihat sebuah bola api raksasa di kejauhan dan menjadi korban Tsar Bomba. Sekilas kalau dengar nama Severny jadi ingat salah satu desa di map PUBG ya.


[URL=S E N S O Rwolfram.com/groups/-/m/t/1716641]Sumber Gambar[/URL]

Dan untuk pilot yang membawa Tsar Bomba, selain beruntung bisa selamat dari ledakan, ia juga beruntung karena bisa melihat ledakan itu. Karena kecil kemungkinan kita bisa melihat lagi ledakan Tsar Bomba. Jangan sampai juga sih.

emoticon-2 Jempol

Gimana gan? Kalian tertarik melihat ledakan Tsar Bomba?emoticon-Bingung (S)

Sumber: [URL=https://www-britannicaS E N S O R.translate.goog/place/Severny-Island]Link Referensi 1[/URL], Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
fachri15
edilokonga503
jlannister
jlannister dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.8K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.