Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penggugatmkAvatar border
TS
penggugatmk
Kesiapan Esemka di Industri Dipertanyakan: Dealernya Mana? Produk Barunya Apa?
Kesiapan Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di industri otomotif Indonesia masih menjadi misteri hingga saat ini dan terus menimbulkan tanda tanya. Sebabnya, merek mobil lokal ini namanya seolah tenggelam usai peresmian pabrik di Boyolali pada akhir 2019 silam. Nama Esemka kini muncul lagi karena akan ikut dalam sebuah pameran otomotif.

Pada peluncuran pabrik yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan sejumlah menteri itu Esemka secara resmi juga menjual mobil niaga bermesin 1.200 cc dan 1.300 cc, dengan nama Esemka Bima. Saat itu juga ditampilkan prototipe SUV Esemka yang dinamakan Garuda 1.
Baca juga:
Sempat Lama 'Hilang', Esemka Kok Nongol Lagi Jelang Tahun Politik?

Namun hingga masuk tahun keempat sejak peresmian pabrik Esemka, merek ini tampak tidak memiliki kesiapan di industri otomotif Indonesia. Lokasi dealer-nya jadi tanda tanya, pun minim aktivitas peluncuran produk baru.

"Tak ada informasi pasti soal kesiapan Esemka dalam bidang industri otomotif, dan apakah mereka memiliki dealer dan aktivitas peluncuran produk yang memadai. Bahkan (Esemka) belum jadi anggota Periklindo maupun Gaikindo," kata pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu, kepada detikOto.

"Isunya, pada pameran GIIAS nanti juga ingin meluncurkan mobil listrik murah dan terjangkau ya. Tapi terlepas dari itu, semua cerita mengenai Esemka ini betul-betul mobil produksi Boyolali, lebih banyak memberikan sentimen negatif daripada positifnya," tambah Yannes.
Baca juga:
Jangan Kaget, Heboh Foto Mobil Listrik Diduga Punya Esemka

Jika melihat situs resminya, Esemka baru memasarkan dua unit mobil niaga Bima dengan pilihan mesin 1.200 cc dan 1.300 cc. Para pelanggan Esemka Bima pun kebanyakan dari instansi pemerintahan, seperti Kementerian Pertahanan dan TNI-AU.

Kabarnya, Esemka memastikan diri berpartisipasi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, 16-26 Februari nanti. Esemka menjadi brand mobil lokal pertama yang ikut pameran IIMS.


detikcom


Kesiapan Esemka di Industri Dipertanyakan: Dealernya Mana? Produk Barunya Apa?


produk ini bukan dijual ke konsumen, tapi ke voter.....ga perlu dealer dan after sales

limited edition, keluar hanya tiap 5 tahunan emoticon-Recommended Seller
muhamad.hanif.2
udmin
steinberger
steinberger dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.