Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yasuhito.endoAvatar border
TS
yasuhito.endo
Anak Usaha Jakpro Dipanggil Jokowi, Proyek ITF Sunter yang Mandek Diminta Lanjut
Beranda
Metro
Anak Usaha Jakpro Dipanggil Jokowi, Proyek ITF Sunter yang Mandek di Era Anies Baswedan Diminta Lanjut
Reporter
Mutia Yuantisya
Editor
Sunu Dyantoro
Rabu, 1 Februari 2023 21:17 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan groundbreaking pembangunan ITF Sunter, Jakarta Utara, pada Kamis, 20 Desember 2018. TEMPO/M Julnis Firmansyah

https://metro.tempo.co/amp/1686632/a...iminta-lanjut?

TEMPO.CO, Jakarta - Anak Usaha PT Jakarta Propertindo atau Jakpro, PT Jakarta Solusi Lestari atau JSL menargetkan pembangunan Intermediate Treatment Facility atau ITF Sunter dimulai sebelum akhir November 2023. Sebab, proyek yang masuk dalam rancangan pengembangan tenaga listrik nasional (RUPTL) ini harus tercapai sebelum 2026.

"Sesuai rencana kami di Mei, kami harus melaksanakan konstruksi sebelum akhir November karena ada target yang namanya RUPTL, rancangan pengembangan tenaga listrik nasional, yang harus kami capai sebelum 2026," kata Direktur Keuangan PT JSL Nagwa Lestari saat rapat kerja Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta.

Pengerjaan ITF Sunter ini dikebut lantaran pihaknya dipanggil Presiden Jako Wododo (Jokowi) beberapa waktu lalu untuk membahas masalah ini. "Kamis 26 Januari kami dipanggil dewan energi nasional yang diketuai Pak Jokowi," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengingatkan Jakpro, dalam hal ini JSL untuk segera mengeksekusi proyek ITF Sunter. Mengingatkan kembali kepada DKI untuk segera menyelenggarakan RUED-nya, rencana umum pemanfaatan energi daerah," kata Nagwa.

Sebab, ITF Sunter merupakan proyek strategi nasional dan proyek strategis daerah, sementara RUED merupakan kebijakan pemerintah daerah mengenai rencana pengelolaan energi.

Berdasarkan dokumen yang dibahas dalam rapat, nilai investasi yang dibutuhkan untuk proyek ITF Sunter Rp5,2 triliun. Pemprov DKI memberikan suntikan modal Rp517 miliar untuk PT JSL untuk kegiatan pengawasan perencanaan dan jaminan pelaksanaan perjanjian jual beli listrik (PJBL).

"PMD itu akan sebagian digunakan untuk jaminan pelaksanaan yang akan dijadikan jaminan untuk tanggal efektif PJBL. Sesuai rencana kami, di bulan Mei," ujar Nagwa.

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary Jakpro Syachrial Syarief menyatakan, rencananya pembangunan ITF Sunter berlangsung tiga tahun. "ITF Sunter direncanakan untuk berjalan selama tiga tahun dengan target operasi di tahun 2027," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 24 Desember 2022.

Proyek ini akan dikerjakan anak usaha Jakpro, PT Jakarta Solusi Lestari (JSL). Sebelumnya, Jakpro bekerja sama dengan PT Fortum Finlandia mendirikan perusahaan patungan bernama PT JSL.

Namun, PT Fortum memutuskan mundur, sehingga proyek mandek. Jakpro belum mendapati investor baru yang berminat mendanai pembangunan ITF Sunter.
areszzjay
muhamad.hanif.2
Proloque
Proloque dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.9K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.