• Beranda
  • ...
  • Militer
  • T-14 Armata OTW Donbass, Inilah Versi Modern dari Tank Tempur Utama Kebanggaan Rusia

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
T-14 Armata OTW Donbass, Inilah Versi Modern dari Tank Tempur Utama Kebanggaan Rusia
Quote:


Bagi Agan penggemar tank, pasti tak asing dengan nama T-14 Armata. Ini adalah varian tank paling canggih dan modern yang telah dibuat Rusia saat ini. Dan menariknya, ketika perang dengan Ukraina memasuki bulan ke-10, dilaporkan jika tank ini sedang dalam perjalanan ke garis depan. Mengutip artikel Army Recognition, kehadiran T-14 di garis depan dilaporkan oleh presenter dan jurnalis TV Rusia Vladimir Solovyov pada 25 Desember 2022. Melalui Telegram, sang jurnalis membagikan video pengerahan T-14 di wilayah Donbass.

Sebelumnya pada 20 November 2022. Army Recognitionmelaporkan jika tentara Rusia berlatih dengan tank T-14 Armata di tempat latihan militer di dekat Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia, di tepi sungai Volga dan Kazanka. Sejauh ini, tidak ada informasi resmi dari angkatan bersenjata Rusia yang dirilis tentang penempatan tank T-14 Armata di Ukraina, tetapi sejak beberapa minggu, peralatan terbaru yang dikembangkan oleh industri pertahanan Rusia telah dikirim untuk pertama kali ke Ukraina oleh Angkatan Bersenjata Rusia dalam rangka mendukung operasi tempur.

Di sisi lain, area operasi di Ukraina kini dijadikan laboratorium untuk menguji kendaraan lapis baja generasi terbaru dalam kondisi pertempuran nyata, bukan hanya Rusia; tetapi NATO dan AS juga melakukan yang serupa. Sementara itu, pengiriman Armata ke medan tempur bisa dibilang cukup berani. Karena sebenarnya tank ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan pada beberapa tahun terakhir.

Quote:


Sekilas tentang T-14, proyek tank ini diluncurkan pada 2009 di Biro Desain Teknik Transportasi Ural, bagian dari Uralvagonmash Corporation dan ditampilkan untuk pertama kalinya kepada publik selama parade militer Hari Kemenangan, pada 9 Mei 2015. Tank tersebut telah dikembangkan oleh Ural Design Bureau of Transport Machine-Building (UKBTM, bagian dari Uralvagonzavod).

Tank ini menawarkan solusi desain yang belum pernah ada sebelumnya, salah satunya adalah kubah tak berawak dan kapsul lapis baja terpisah untuk awaknya. Dan pada 29 November 2021, tentara Rusia telah menerima sekitar 20 tank T-14 Armata. 

T-14 Armata dipersenjatai dengan meriam smoothbore 2A82-1M kalibee 125 mm generasi baru dengan pengisian amunisi otomatis (autoloader) dengan 32 proyektil siap tembak. Meriam utama juga dapat menembakkan amunisi berpemandu laser terbaru dengan jangkauan dari 7 hingga 12 km. Pada atap turret dilengkapi dengan stasiun senjata yang dioperasikan dari dalam kabin tank yang dipersenjatai dengan satu senapan mesin berat Kord 12,7mm.

Quote:


Dalam hal teknologi, T-14 Armata dilengkapi dengan sistem senjata menara yang dioperasikan dari jarak jauh, dengan ketiga awak termasuk pengemudi, komandan, dan penembak duduk di bagian depan lambung. Mereka berada di kapsul lapis baja, di mana awak tank diisolasi dari area amunisi dan bahan bakar. Membuat mereka lebih terlindungi.

Pada sekeliling lambung tank, T-14 Armata dilindungi dengan Explosive Reactive Armor (ERA), sedangkan bagian belakang lambung dilengkapi dengan bar armor untuk memberikan perlindungan lebih terhadap tembakan Rocket Propelled Grenade (RPG). Atap turret juga dilindungi oleh armor ERA untuk menghentikan proyektil anti tank mencapai lapisan utama armor.

Tak cukup sampai disitu, T-14 Armata juga dilengkapi dengan Active Protection System (APS) Afghanit, yang mirip dengan sistem perlindungan Trophy buatan Israel. Afghanit mampu mencegat dan menghancurkan rudal dan roket anti tank yang mengarah ke tank. Sistem ini dirancang untuk bekerja melawan semua jenis rudal dan roket anti tank, termasuk senjata genggam seperti granat berpeluncur roket. Armata juga memiliki sistem kontrol digital yang mengarahkan gerakannya, melacak target, dan mengaktifkan sistem pertahanan tank.



------------------




Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera
cor7
mynameisant
gabener.edan
gabener.edan dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.