santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Setara: Jatim Terbanyak Jumlah Pelanggaran Kebebasan Beragama di Indonesia


Bachtiar Rojab Selasa, 31 Januari 2023 - 21:15:00 WIB
JAKARTA, iNews.id - Setara Institute merilis laporan terkait Kondisi Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (KBB) pada 2022. Jawa Timur (Jatim) menduduki peringkat teratas terkait jumlah pelanggaran KBB 2022.

Peneliti Kebebasan Beragama/Berkeyakinan Setara Institute, Syera Anggreini Buntara mengatakan Jatim pertama kalinya menempati posisi teratas setelah sebelumnya konsisten ditempati oleh Jawa Barat (Jabar) selama 15 tahun terakhir.

"Jawa Timur untuk pertama kalinya menggeser Jawa Barat yang selalu konsisten menempati posisi pertama sejak pertama kali Setara Institute merilis data KBB pada tahun 2007," ujar Syera, Selasa (31/1/2023).

Dalam pandangan Setara Institute, naiknya posisi Jawa Timur menjadi peringkat pertama provinsi pelanggaran KBB terbanyak setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama stigma terhadap tradisi hingga kuatnya organisasi tertentu.

"Kuatnya stigma terhadap tradisi agama-agama atau kebudayaan leluhur yang menyebabkan beberapa kelompok melakukan aksi-aksi penolakan terhadap tradisi agama atau kebudayaan leluhur tersebut, seperti penolakan maupun perusakan sesajen dan dupa," ujarnya.

"Kedua, kuatnya organisasi Nahdlatul Ulama di Jawa Timur memperkuat soliditas penolakan terhadap penceramah-penceramah yang selama ini dikenal mengancam kemajemukan (pluralisme) dan praktik keagamaan yang melekat dengan
budaya Nusantara yang dijunjung oleh Nahdlatul Ulama," ucapnya.

Syera menjelaskan dalam perspektif HAM, penolakan-penolakan ceramah tetap merupakan pelanggaran terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat sehingga tetap tidak dapat dibenarkan.

Penyumbang terbanyak pelanggaran di Jawa Timur berupa penolakan ceramah (8 peristiwa), penolakan pendirian tempat ibadah (6 peristiwa), kebijakan diskriminatif (4 peristiwa), dan pelaporan penodaan agama (3 peristiwa).

Setelah Jawa Timur, diikuti oleh Jawa Barat (25 peristiwa), DKI Jakarta (24 peristiwa), Banten (11 peristiwa), Jawa Tengah (11 peristiwa), Sumatera Utara (10 peristiwa), Nanggroe Aceh Darusalam (7 peristiwa), Kalimantan Barat (7 peristiwa), dan Nusa
Tenggara Barat (6 peristiwa).

Diketahui, Pada tahun 2022, Setara Institute mencatat 175 peristiwa dengan 333 tindakan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia. Angka ini berbeda tipis dengan temuan peristiwa pada tahun 2021 yaitu 171 peristiwa dengan 318 tindakan.

Dari 333 tindakan pelanggaran tersebut, 168 tindakan dilakukan oleh aktor negara, sementara 165 tindakan dilakukan oleh aktor nonnegara. Temuan jumlah peristiwa dan tindakan pada tahun ini menunjukkan angka yang relatif konstan dan menuju penurunan angka peristiwa dibanding pada 2019.

Pada tahun 2019 tercatat 200 peristiwa dengan 327 tindakan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan.

https://www.inews.id/amp/news/nasion...i-penyebabnya?
Makati2019
muhamad.hanif.2
m.hanif.bashor
m.hanif.bashor dan 4 lainnya memberi reputasi
1
1.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.