Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Kelebihan dan Kekurangan Pemesanan Tiket Pesawat Lewat Travel Agent

julijalanAvatar border
TS
julijalan
Kelebihan dan Kekurangan Pemesanan Tiket Pesawat Lewat Travel Agent
Ketika hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat, mungkin kamu pernah bingung untuk menentukan ingin memesan tiket pesawat secara online atau lewat travel agent. Mungkin sempat terbersit tanya di pikiran kamu tentang cara mana yang lebih baik. Sesungguhnya melakukan pemesanan tiket pesawat baik secara online ataupun lewat travel agent memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu aku akan membagikan kelebihan dan kekurangan melakukan pemesanan tiket pesawat lewat travel agent, agar kamu dapat membandingkan dan memilih cara yang mana yang akan kamu gunakan.


Kelebihan
1. Travel agent mampu mengurangi resiko kesalahan reservasi
Seorang petugas reservasi ticketing memahami betul resiko yang mereka hadapi ketika melakukan booking. Jika seandainya terjadi kesalahan reservasi dari pihak pelanggan, maka travel agent dapat membantu untuk mengcancel tiket yang sudah terissued tersebut.
2. Travel agent dapat membantu kamu mendapatkan tiket dengan harga termurah
Travel agent bisa memberikan harga tiket pesawat yang lebih murah dari maskapai, karena travel agent ingin memanjakan pelanggan atau mengadakan promo.
3. Mencarikan harga terbaik dari berbagai maskapai penerbangan untuk kamu.
Hal tersebut karena travel agent dapat memantau promo-promo terbaru yang dikeluarkan maskapai.
4. Travel agent dengan profesionalitasnya dapat membantu kamu yang ingin reroute, reschedule dan refund.
5. Kemudahan ketika kalian akan berpergian dengan rombongan.
Reservasi rombongan di atas 10 orang tidak bisa dilakukan melalui situs airlines atau callcenter maskapai/airlines, karena hal ini memerlukan reservasi khusus dengan jalur yang dimungkinkan oleh agen penjualan maskapai (travel agent), atau corporate yang sudah bekerjasama dengan maskapai terkait.
6. Tidak harus memiliki kartu kredit
Pembelian tiket melalui travel agent memudahkan apabila kamu tidak memiliki kartu kredit. Pembelian melalui agent tidak dikenai biaya administrasi (booking fee) dari maskapai tertentu serta biaya administrasi kartu kredit, jadi kamu dapat membayar lebih murah daripada di web publik maskapai.
7. Keamanan transaksi lebih terjamin
Melakukan pembayaran di travel agent tentunya lebih aman daripada melakukan pembayaran melalui bank transfer ataupun internet. Ada kekhawatiran mengenai jaminan keamanan atas kode-kode kartu kredit, Atm, dan lain-lain.


Kekurangan

1. Resiko kehilangan tiket
Seringkali tiket pesawatmu hilang atau tertinggal menyebabkan penundaan atau pembatalan penerbangan. Apabila kamu memesan tiket melalui online, E-Tiketing dapat kamu cetak kapan saja tanpa biaya tambahan dan tanpa takut ketinggalan penerbangan.
2. Tidak efisisensi dana dan waktu
Untuk memesan tiket melalui travel agent kamu harus datang ke kantor, meluangkan waktu, tenaga dan juga uang untuk membeli bensin. Berbeda dengan pemesanan tiket online yang dapat dilakukan dengan santai di rumah.
3. Kurang praktis
Kantor travel agent memiliki jam kerja yang tidak 24 jam dapat melayani kamu. Sedangkan memesan tiket secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja 24 jam asalkan kamu terhubung dengan internet. Kamu hanya perlu memberikan data dan melakukan pembayaran tanpa takut kehabisan kuota pesawat.
4. Kurang efisien
Selain memesan tiket lewat online kamu juga bisa melakukan check-in dan memilih nomor kursi secara online pula tidak seperti memesan tiket lewat travel agent.
Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan melakukan pemesanan tiket melalui travel agent. Semoga setelah ini kamu dapat menentukan mana yang lebih baik. Dan ingat memesan tiket melalui travel agent ataupun online bisa saja tertipu, oleh karena itu kamu harus lebih teliti memilihnya. Salam dari Julijalan ^^
0
21.7K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.