muqfaAvatar border
TS
muqfa
Sering Makai Wi-Fi, Inilah Definisi dan Faktanya


Ilustrasi. Sumber: Di sini


Wi-Fi atau Wireless Fidelity adalah teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat-perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, tablet, dan lain-lain tanpa harus menggunakan kabel fisik. Dengan Wi-Fi, kita dapat mengakses internet, berkirim dan menerima data, serta berbagi file antar perangkat yang terhubung dalam jaringan yang sama.

Wi-Fi dikembangkan berdasarkan standar IEEE 802.11 yang dikeluarkan pada tahun 1997. Standar ini menyediakan beberapa varian frekuensi yang digunakan, diantaranya 2.4GHz dan 5GHz. Frekuensi 2.4GHz digunakan oleh perangkat yang lebih lama dan lebih murah, sementara frekuensi 5GHz digunakan oleh perangkat yang lebih baru dan lebih mahal.

Wi-Fi sangat bermanfaat bagi pengguna karena dapat digunakan di berbagai lokasi seperti di rumah, kantor, coffee shop, mall, dan lain-lain. Keuntungan lain dari Wi-Fi adalah mudah digunakan, cepat dalam transfer data, dan hemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli kabel-kabel yang digunakan dalam jaringan kabel.

Selain itu, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda platform, seperti komputer PC dengan smartphone atau tablet. Hal ini sangat memudahkan bagi pengguna untuk mengakses data atau menyimpan data di perangkat yang berbeda tanpa harus mengkopi atau mentransfer data secara manual.

Namun, Wi-Fi juga memiliki beberapa kelemahan seperti rentan terhadap gangguan atau interferensi dari perangkat lain yang menggunakan frekuensi yang sama, serta jarak jangkauan yang terbatas. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, masalah-masalah tersebut semakin dapat diatasi.

Wi-Fi dan LAN

Wi-Fi adalah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan untuk mentransfer data antar perangkat yang terhubung dalam jaringan yang sama. Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang terbatas dalam area geografis yang kecil, seperti dalam sebuah gedung atau kampus. LAN dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti berbagi data, berkomunikasi antar perangkat, dan akses internet.

Wi-Fi dapat digunakan sebagai teknologi nirkabel dalam LAN (Local Area Network), sehingga perangkat-perangkat dapat terhubung dan berkomunikasi tanpa harus menggunakan kabel fisik. Sehingga Wi-Fi dapat digunakan sebagai salah satu teknologi yang digunakan dalam LAN (Local Area Network) namun Wi-Fi tidak sama dengan LAN, karena LAN sendiri merupakan jaringan yang lebih luas yang meliputi berbagai teknologi seperti Ethernet, Token ring, dan lain-lain.

Referensi tulisan: Britannica
koi7
hallowwolf94
screamo37
screamo37 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
7K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.