valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Menteri PUPR: 6 Tahun Sodetan Ciliwung Nggak Diapa-apain

 
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyinggung konsistensi pembangunan proyek Sodetan Kali Ciliwung. Dia menyayangkan enam tahun proyek tersebut mandek.

"Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu pasti sudah berkurang (banjirnya) yang masalahnya kan tadi Pak Presiden bilang enam tahun nggak diapa-apain, normalisasi nggak diapa-apain, sodetan nggak diapa-apain," kata Basuki di area outlet proyek sodetan Kali Ciliwung (area belakang kampus Trisaksi), Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Basuki lantas mengapresiasi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang bisa melanjutkan proyek tersebut. Dia meyakini proses normalisasi akan mengurangi banyak banjir di Jakarta.

"Nah sekarang alhamdulillah ada Pak Heru ini mulai dikerjakan lagi. Nanti coba kita lihat hujan tahun 2023 ini kalau ini berfungsi, Sukamahi berfungsi, Sentiong mungkin Agustus berfungsi insyaallah banyak berkurang banyak sekali," ujarnya.

Basuki lantas membeberkan perhitungan berdasarkan titik kelurahan jika normalisasi sungai mulai berfungsi. Dia yakin angkanya akan banyak berkurang.

"Dari 414 (kelurahan terdampak banjir), kalau dengan (bendungan) Sukamahi-Ciawi menjadi 318, kalau dengan (sodetan) ini menjadi 211, nanti dengan (stasiun pompa) di Sentiong berkurang lagi, dengan normalisasi berkurang lagi. Selama ini nggak ditangani," ujarnya.

Untuk diketahui, proyek sodetan ini dimulai dari titik masuknya air (area inlet) yang berada di Sungai Ciliwung, kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur. Sementara air akan keluar di (area outlet) tepatnya di Kanal Banjir Timur (KBT), kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur.




Sebelumnya, Jokowi menyebut masalah proyek pembangunan sodetan mangkrak karena masalah pembebasan lahan. Dia mengatakan pembebasan lahan itu kemudin berhasil dilakukan sehingga proyek dapat dilanjutkan kembali.

"Ini kemarin satu setengah bulan telah dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya dan kita harapkan nanti di April insyaallah sudah selesai dan ini akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta," ujarnya.

Jokowi lantas mengaku kaget pembebasan lahan itu bisa dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Dia menyebut tidak mengetahui pendekatan apa yang dilakukan Heru hingga pembebasan lahan berhasil dilakukan.

"Saya juga kaget dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya nggak tau pendekatannya apa tapi selesai. Sehingga saya ke sini tadi karena sudah selesai," ujarnya.

https://news.detik.com/berita/d-6531...ak-diapa-apain

Quote:



GIF

Gara-gara d omongin mulu nih.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Spoiler for Indonesia Maju..:



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 24-01-2023 09:49
jakenesse
petani.syusyu
ddddudutzzz
ddddudutzzz dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.