• Beranda
  • ...
  • Health
  • Punya Ketakutan Terhadap Usia yang Semakin Tua? Awas, Bisa Jadi Alami Gerontophobia

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Ketakutan Terhadap Usia yang Semakin Tua? Awas, Bisa Jadi Alami Gerontophobia
Punya rasa takut untuk menjadi semakin tua?
Awas, bisa jadi sedang alami Gerontophobia


Menjadi tua, tentu saja setiap orang akan mengalami kondisi dimana masa tersebut akan datang dengan semakin bertambahnya usia.

Saat menjadi semakin tua dengan bertambahnya usia, maka penampilan fisik akan berubah bersamaan dengan penurunan kesehatan seseorang yang tentu saja itu semua tidak dapat dihindarkan karena memang sudah menjadi kodrat manusia.

Bukan hanya tentang perubahan fisik dan penurunan kesehatan, usia yang semakin tua juga menandakan umur seseorang tidak akan lama lagi karena ada takdir kematian yang semakin dekat dengan terus bertambahnya usia dari tahun ke tahun.

Dari kenyataan ini ternyata ada orang-orang yang merasa sangat takut untuk menjadi tua, bahkan mereka tidak menerima saat melihat kenyataan bahwa fisiknya telah berubah, dan juga kesehatannya telah menurun. Bahkan orang-orang yang memiliki rasa ketakutan tersendiri terhadap usia tua ini pun berusaha sedemikian rupa untuk tetap dapat terlihat awet muda dengan melakukan berbagai cara termasuk dengan melakukan operasi agar fisiknya tetap terlihat menarik dan jauh dari ciri-ciri penuaan.

Namun, apakah Agan Sista tahu bahwa memiliki rasa takut yang berlebihan untuk menjadi tua ini adalah sebuah gangguan mental?
Berikut ini sekilas tentang Gerontophobia.




Gerontophobia, berdasarkan bahasa Yunani merupakan penggabungan antara dua kata yaitu gerondan phobos yang memiliki arti ketakutan orang tua.

Gerontophobia merupakan phobia terhadap masa tua dimana seseorang merasa sangat takut dengan tidak masuk akal untuk menjadi tua baik dari bentuk fisik maupun penurunan kesehatan.

Phobia terhadap penuaan ini muncul dengan semakin bertambahnya usia, dimana seseorang akan merasa tidak lagi menarik untuk dilihat, atau takut untuk mengalami penurunan kesehatan sampai dengan menemui kematian. Adanya phobia atau rasa ketakutan ini juga dapat memberikan dorongan untuk seseorang melakukan tindakan operasi demi mempertahankan penampilan fisik meskipun perubahan sudah pasti tidak terelakkan dengan terus berjalannya masa.

Adapun cara untuk mencegah perasaan takut untuk menjadi tua atau Gerontophobia yaitu dengan cara berkonsultasi pada psikolog atau dengan menyadari serta menerima keadaan bahwa seseorang memang memiliki takdir dan kodrat menjadi tua dengan semakin bertambahnya usia.

Menyadari dan menerima keadaan bahwa kita akan semakin tua serta semakin dekat dengan kematian dan bertemu dengan Tuhan, bukan hanya akan membuat lebih ikhlas ketika dipanggil pulang sewaktu-waktu melainkan juga akan meningkatkan ketaatan dan keimanan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik setelah kematian.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang Gerontophobia atau ketakutan untuk menjadi semakin tua.

Dari adanya gangguan mental Gerontophobia ini kita semua dapat belajar bahwa di dunia ini tidak ada yang kekal dan abadi karena semua yang bernyawa pasti akan mati.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
sc5
screamo37
nurhuda008
nurhuda008 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.