Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chuaksAvatar border
TS
chuaks
Nasib Santri Usai Ikuti Perjodohan Massal di Ponpes Ciamis
Ciamis - Usai dijodohkan sebanyak 10 pasang santri pesantren di Ciamis rencananya akan melangsungkan pernikahan pada 23 Januari 2023. Pernikahan itu akan digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari, Kecamatan Jatinagara.

Sebelumnya, Perjodohan santri dan santriwati massal di Pesantren Ciamis tersebut viral di media sosial, tiktok.

"Pada tanggal 23 Januari 2023 nanti sebanyak 10 pasang santri akan melaksanakan pernikahan massal," ujar Pimpinan Pesantren Miftahul Huda II Bayasari KH Nonop Hanafi.

Nonop mengatakan pernikahan massal tersebut sudah berlangsung ke 7 tahun dan merupakan agenda tahunan. Santri yang sudah dewasa di pesantren tersebut dinikahkan, proses untuk terjun ke masyarakat menyebarkan ilmu dan dakwah.

"Tahun kemarin juga dilakukan Pernikahan Massal sebanyak 8 pasang, tahun ini 10 pasang," ungkapnya.

Nonop menjelaskan, proses pernikahan massal tersebut dimulai dari memanggil santri yang bersangkutan. Menurut Nonop, di pesantren tidak ada pacaran, namun hanya sebatas kenal antar sesama santri itu ada. Namun untuk pacaran masih terbilang tabu tidak seperti anak di luar pondok.

"Ditanya berdasarkan beberapa klarifikasi dan kualifikasi. Terutama yang jadi penilaian utama dimana mereka akan mengamalkan dan menyebarkan ilmunya," kata Nonop.

Kemudian pada dewan kiai berembug lalu dipilah yang sudah dewasa dan ditanya kesediannya mau atau tidak. Setelah itu dipanggil kedua orang tuanya,. Menyampaikan anaknya sebentar lagi akan dijodohkan. Dan orang tua pun setuju.

"Semuanya menjawab karena sudah biasa dijodohkan oleh guru pada akhirnya Sami'na wa atho'na sangat kuat di pesantren," jelasnya.

Setelah proses itu, lalu ditentukan waktu khitbah massal dengan dipanggilnya dua pihak keluarga. Lalu ditentukan pernikahannya di pondok pesantren.

"Maksudnya untuk syiar pondok pesantren. Juga meringankan pembiayaan. Di pondok acara bisa ramai dihadiri seluruh santri. Kedua, seluruh dewan guru dan kiyai hadir semua turut mendoakan. Kalau di masing-masing dengan jadwal padat tidak mungkin dihadiri karena lokasinya yang jauh-jauh," katanya.

https://www.detik.com/jabar/berita/d...-ponpes-ciamis

Pesta seks ternikmat sesama santri, ini bisa jadi swinger
xneakerz
wetp794239
bukan.bomat
bukan.bomat dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.4K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.