Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fakta Menarik Tentang 4 Kartu Jack Pada Kartu Remi, Ini Dia Sosok dan Perwujudannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Fakta Menarik Tentang 4 Kartu Jack Pada Kartu Remi, Ini Dia Sosok dan Perwujudannya
Fakta dibalik empat kartu Jack pada kartu remi, ini dia sosok dan perwujudannya


Masih membahas tentang kartu remi, setelah beberapa waktu lalu TS mengulas tentang sosok-sosok perwujudan dari 4 kartu King dan 4 kartu Queen yang ada pada 52 kartu remi, ternyata banyak yang merasa penasaran dengan siapa sosok sebenarnya dari perwujudan 4 kartu Jack.

Perlu Agan dan Sista ketahui bahwa ternyata dibalik permainan kartu remi ada sejarah panjang dibalik angka, simbol, dan juga perwujudan-perwujudan yang ada pada gambar kartu remi.

Mungkin Agan Sista sempat bertanya-tanya tentang kenapa kartu remi memilih 4 simbol gambar yaitu skop, wajik, keriting, dan hati. Ternyata pemilihan simbol tersebut pun bukan sebuah kebetulan melainkan memiliki makna yang menjadi misteri.

Berdasarkan beberapa artikel yang TS baca dan jadikan sumber, pemilihan 4 simbol gambar di dalam kartu remi berhubungan dengan musim dan empat pilar kehidupan di masa pertengahan.

Penggunaan simbol sekop merupakan penggambaran kekuatan militer, simbol wajik memiliki arti perdagangan atau kebutuhan hidup, simbol hati bermakna kepercayaan, dan keriting diartikan sebagai pertanian. Selain itu keempat simbol tersebut juga dapat diartikan sebagai 4 musim yang ada di dunia, yaitu sekop untuk musim dingin, waru untuk musim panas, hati melambangkan musim gugur, dan wajik melambangkan musim semi.

Kembali pada tentang siapa sosok dan perwujudan dari 4 kartu Jack pada kartu remi, berikut ini sekilas fakta menarik tentang hal tersebut.



Quote:

1. Jack Hati

Perwujudan dari kartu Jack Hati ternyata adalah seorang pendekar pedang alias pemedang juara di Frankia (Prancis) bernama La Hire.

Selain sebagai seorang satria pendekar pedang, La Hire merupakan sosok penguasa dari daerah Patay, pernah berperang bersama dengan ksatria wanita legendaris asal Prancis bernama Joan of Arc dan berhasil menaklukkan satu dari tiga kerajaan di Inggris.


Quote:

2. Jack Wajik

Menurut dari beberapa sumber yang TS baca, sosok perwujudan dari kartu Jack Wajik merupakan perwujudan dari seorang tokoh dari mitologi Yunani kuno bernama Hector.

Hector sendiri di dalam mitologi Yunani kuno merupakan seorang pangeran dan pahlawan besar Troya, putra dari Priamos dan Hekuba.

Di dalam kisahnya Hector memimpin pasukan Troya melawan pasukan Yunani di dalam perang Troya. Perang inilah yang merenggut nyawa Hector yang dibunuh oleh Akhilles seorang prajurit yang digadang-gadang sebagai manusia setengah dewa dan hidup kekal karena pada saat bayi Akhilles dicelupkan kedalam sungai Styx.


Quote:

3. Jack Keriting

Mungkin Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan nama Sir Lancelot, seorang Kesatria Meja Bundar di dalam legenda Arthurian.

Jack Keriting adalah penggambaran dari perwujudan Sir Lancelot yang merupakan kawan karib dan orang kepercayaan Raja Arthur yang dinobatkan sebagai prajurit terbaik di masanya.

Beberapa kisah menyebutkan bahwa Sir Lancelot berselingkuh dengan istri dari Raja Arthur yaitu Ratu Guinevere meskipun ada kisah lain yang menjelaskan bahwa perselingkuhan tersebut hanyalah sebuah isu yang dimunculkan oleh Sir  Mordred untuk mengadu domba Raja Arthur dan Sir Lancelot.


Quote:

4. Jack Sekop

Jack Sekop, memiliki sosok perwujudan seorang karakter legendaris yang berasal dari Denmark bernama Holger Danske atau lebih sering disebut dengan nama Ogier the Dane.

Ogier the Dane sebenarnya adalah putra dari Raja Denmark bernama Geoffrey, hanya saja Ogier dijadikan sebagai sandera untuk Charlemagne dan tumbuh besar sebagai seorang pejuang atau hero yang berperang untuk membela Charlemagne.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang sosok-sosok perwujudan dari 4 kartu Jack yang ada pada kartu remi.

Tuntas sudah tugas TS untuk menjawab rasa penasaran Agan Sista terkait fakta-fakta menarik dibalik simbol dan sejarah yang ada dalam setiap corak kartu remi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
hallowwolf94
dasiemsidas
screamo37
screamo37 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.