Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Baznas Siap Bantu Tingkatkan Skill Santri
Baznas Siap Bantu Tingkatkan Skill Santri

BATANG – Kemandirian santri menjadi salah satu fokus program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batang. Hal itu salah satunya akan direalisasikan dengan membekali skill pangkas rambut bagi para santri pondok pesantren di Batang.

Baznas karenanya akan menggandeng pelaku usaha pangkas rambut. Mereka akan memberikan pelatihan kepada para santri tentang keahlian memotong rambut yang nantinya bisa menjadi lahan usaha.

Ketua Baznas Batang, KH Zainul Iroqi menyampaikan, pelatihan tersebut perlu diberikan kepada para santri, karena tidak setiap pribadi, mampu menguasai kompetensi pangkas rambut.

“Nanti akan kami datangkan tutor yang mahir untuk melatih santri cara mencukup dengan benar,” katanya, saat ditemui di Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Tragung, Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (18/1/2023).

Ia mengharapkan, ketika program itu terwujud, dapat menambah kompetensi santri khususnya di dunia bisnis. “Cukur rambut itu kalau dikembangkan pelakunya bisa buka salon dan menambah penghasilan. Selama ini para santri hanya belajar secara individu, dengan mengamati sekitarnya, lalu ditiru,” jelasnya.

Wakil Ketua Baznas Bidang Keuangan dan Pelaporan, Slamet Siswadi menambahkan, pelatihan ini bisa menambah kemampuan santri dalam memangkas rambut, baik kepada sesama santri maupun untuk menekuninya di dunia bisnis.

“Insya Allah pelatihan pangkas rambut akan dimulai di pondok pesantren yang tersebar di Kecamatan Bawang. Jumlah pondok pesantren di sana mencapai 15, peserta ada 30 santri,” terangnya.

Selain pelatihan dari para ahli, peserta juga akan memperoleh bantuan modal dan peralatan untuk mendukung keterampilannya.

Mansur, salah satu santri yang mempunyai kemampuan pangkas rambut secara otodidak menyampaikan, keterampilan yang diperoleh hanya melihat dari teman lain untuk selanjutnya diterapkan dalam membantu merapikan rambut sesama santri.

“Sudah lima tahun menjadi pemangkas rambut santri di sini. Alatnya juga seadanya, belum pakai alat pangkas listrik , pakainya gunting, jadi memakan waktu 15-20 menit,” tuturnya.

Ia sangat mendukung rencana Baznas untuk menggelar pelatihan pangkas rambut.

“Ini baik sekali, bermanfaat buat santri untuk berwirausaha, ketika sudah selesai menempuh pendidikan di pondok. Saya juga pingin mencoba buka usaha pangkas rambut kalau sudah mahir lewat pelatihan nanti,” ujar dia. (red/sef)

https://radarpekalongan.co.id/174311...-skill-santri/
areszzjay
nomorelies
.bindexee.
.bindexee. dan 3 lainnya memberi reputasi
2
691
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.