Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dvayyaAvatar border
TS
dvayya
Pilpres Sebentar Lagi, Waspada Hoaks Quick Count!


Pilpres Sebentar Lagi, Waspada Hoaks Quick Count!

Masih teringat jelas di benak Ane tentang situasi media sosial saar Pemilu dan Pilpres yang berlangsung 2019, banyak banget HOAKS! Dilansir dari Kompas, sejak Agustus  2018 hingga 25 April 2019, Kemenkominfo menemukan 1.645 konten hoaks yang terkait pilpres dan pemilu.

Salah satu isu yang kerap dicatut sebagai hoaks yakni hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019. Hoaks mengenai quick count Pilpres 2019 sangat beragam. Sejumlah hoaks telah ditangkal atau di-debunk oleh beberapa pihak, antara lain tim cek fakta media massa, cekfakta.com, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia atau Mafindo, turnbackhoax.id, dan Kemenkominfo.

Ribut soal pilihan presiden kerapkali didasari dari hasil quick count, perlu digarisbawahi ya Agan Sista quick count itu bukan hasil resmi dari pemungutan suara. Hasil resmi dari Pilpres dan Pemilu tetaplah real count hitung resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Yuk mulai cermati lagi modus dan trik hoaks quick count.

Mencatut nama media

Pilpres Sebentar Lagi, Waspada Hoaks Quick Count!

(foto: KOMINFO)

Trik dan modus hoaks terkait quick count lainnya adalah dengan cara menyunting judul berita dari media, baik itu media cetak atau media online. Terkadang, penyuntingan juga dilakukan dengan mengganti foto.

Tanpa sumber yang jelas

Pilpres Sebentar Lagi, Waspada Hoaks Quick Count!

(foto: KOMINFO)

Beberapa hoaks terkait quick count dibuat secara serampangan melalui berbagai medium, salah satunya media sosial. Pembuatannya dilakukan tanpa mencantumkan sumber yang jelas. Contoh dari gambar di atas, masa iya quick cound dilakuin sama BMKG padahal jelas-jelas BMKG bertugas di bidang meteorologi.

Pola penyebaran, trik, dan modus dari hoaks terkait quick count saat pilpres dan pemilu cenderung berulang. Agan dan Sista perlu cermat dengan melakukan pengecekan dari sumber resmi seperti media mainstream, lembaga cek fakta independen, website pemerintahan atau forum Hansip Hoax!

Sampai jumpa di Pemilu dan Pilpres 2024 GanSis!


azhuramasda
sc5
T.G.I.F.
T.G.I.F. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
348
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
508Thread4.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.