banteng.budugAvatar border
TS
banteng.budug
Ruang Kerja Anggota F-PDIP DPRD DKI Cinta Mega Turut Digeledah KPK
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono membenarkan tim penyidik KPK turut melakukan penggeledahan di fraksinya. Namun, Gembong menyebut ruangan yang digeledah di fraksi PDIP hanya ruang kerja Anggota DPRD DKI Jakarta Cinta Mega.

"Lantai 8 di ruang Bu Cinta Mega iya. Bukan ruang Ketua Fraksi," kata Gembong Warsono kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).


Sekadar informasi, ruang Fraksi PDIP berada di lantai 8 gedung DPRD DKI Jakarta. Sedangkan Cinta Mega merupakan Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta.

Meski begitu, Gembong tak mengetahui secara detail barang apa saja yang dibawa tim penyidik KPK. Sebab, dirinya tak berada di lokasi saat penggeledahan berlangsung.

"Pertama memang saya kemarin nggak ke kantor kemarin, jadi kemarin saya dapat info dari sekwan kan gitu loh sore kira-kira jam 6 saya dapat info. Saya tanya yang diperiksa siapa, ruang Bu Cinta. Udah kan gitu lho, tapi apa yang dibawa kita nggak tau, nggak di kantor juga sih. Sampai malam kan itu sampai jam 10," ucapnya.

Anggota Komisi A itu mengaku tak tahu menahu keterkaitan Cinta Mega dengan kasus dugaan korupsi yang tengah ditelusuri KPK. Namun, Gembong menyampaikan Cinta Mega sudah duduk sebagai anggota dewan sejak periode 2014-2019.

"Kita nggak tahu, kalau keterkaitan yang tahu KPK, KPK sama yang bersangkutan, saya nggak tahu," jawabnya.

Sebagaimana diketahui, Tim penyidik KPK menggeledah ruang kerja di kantor DPRD DKI Jakarta. Ada enam ruangan yang dilakukan penggeledahan.

"Setidaknya ada 6 ruangan yang dilakukan penggeledahan di antaranya ruang kerja di lantai 10, 8, 6, 4, 2 dan staf komisi C DPRD DKI Jakarta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023).

Penggeledahan dilakukan pada Selasa (17/1) malam. Penggeledahan terkait kasus korupsi pengadaan lahan di Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Ali mengatakan sejumlah barang bukti ditemukan tim penyidik KPK terkait penggeledahan tersebut. Bukti-bukti itu mulai dari dokumen hingga alat bukti elektronik.

"Dari penggeledahan ini tim penyidik menemukan berbagai dokumen dan alat bukti elektronik yang diantaranya diduga terkait proses pembahasan dan persetujuan penyertaan modal pada Perumda SJ di DPRD DKI Jakarta yang kemudian dipergunakan untuk pengadaan tanah di Pulo Gebang Jakarta," ucap Ali.

KPK, kata Ali, telah menemukan bukti awal adanya perbuatan pidana korupsi dalam pengadaan lahan di Pulo Gebang, Jakarta Timur.

"KPK sejauh ini telah menemukan bukti permulaan ada dugaan perbuatan melawan hukum termasuk pihak yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai tersangka," tutur Ali.

Dari enam ruangan yang digeledah itu, Ali membenarkan ruang kerja M Taufik dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi ikut digeledah. Namun, ia enggan membeberkan bukti apa saja yang ditemukan KPK dari dua ruangan tersebut.

Diketahui, KPK tengah mengusut dugaan tindak pidana korupsi (TPK) pengadaan tanah di Pulo Gebang, Jakarta Timur. Pengadaan itu merupakan proyek badan usaha milik daerah (BUMD) Perumda Sarana Jaya pada 2018-2019.

"KPK saat ini sedang melakukan pengumpulan alat bukti terkait perkara dugaan TPK untuk pengadaan tanah di Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, oleh Perumda SJ (Sarana Jaya) tahun 2018-2019," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

KPK pun telah menetapkan tersangka dalam kasus korupsi pengadaan tanah ini. Namun Ali masih enggan menyampaikan nama-nama tersangka.

Ali mengatakan saat ini KPK masih terus mengumpulkan alat bukti dan memeriksa para saksi. Dia pun memastikan KPK akan segera mengumumkan konstruksi perkara hingga pihak yang dijadikan tersangka.

Baca artikel detiknews, "Ruang Kerja Anggota F-PDIP DPRD DKI Cinta Mega Turut Digeledah KPK" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6521...digeledah-kpk.


Konten Sensitif

Diubah oleh banteng.budug 18-01-2023 08:05
vaklentine
nomorelies
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.