Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karyakarsaAvatar border
TS
karyakarsa
Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir
Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir

Selamat tahun baru gan! Di awal baru ini, agan yang gemar menulis wajib banget punya “tabungan”. Yah, kalo tabungan di bank udah punya gan. Tunggu dulu! Ini bukan perkara tabungan yang ada di bank. Sama halnya kayak bank yang selama ini agan kenal, yaitu sebagai tempat untuk agan simpan uang, maka ada bank-bank lain yang wajib agan miliki sebagai penulis. Apa aja sih bank yang harus dimiliki penulis? Simak di bawah ini ya!


1. Bank Ide

Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir

Bank pertama yang wajib banget agan punya sebagai seorang penulis adalah “Bank Ide”. Kenapa harus punya bank ide? Coba agan inget deh, seberapa sering agan berburu ide? Pas lagi butuh ide tiba-tiba buntu. Akhirnya, agan berburu ide dengan susah payah. Giliran bengong atau lagi melihat suatu hal, si ide yang engga ditunggu kedatangannya tiba-tiba datang. Nah, agar ide engga hilang sia-sia, di situlah agan harus membuat bank ide. Jadi, setiap ide muncul, agan bisa bergegas simpan dulu, mengumpulkannya satu demi satu dan mengolahnya saat agan membutuhkannya. Gampang kok buat bank ide! Agan tinggal tulis ide agan di notes atau dokumen lain. Dengan adanya bank ide, engga akan ada lagi cerita “kehabisan ide”. Semakin banyak ide, semakin banyak pula karya yang bisa agan buat.

2. Bank Buku

Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir

Selain punya bank ide, sebagai penulis sumber bacaan bagai amunisi yang memberi agan tenaga buat menulis. Tanpa rajin membaca, agan akan kesulitan dalam menuliskan kata-kata. Agan bisa mulai menyiapkan sumber bacaan dengan pergi ke perpustakaan atau toko buku dan memilih sejumlah buku favorit agan. Kalo agan engga mau mengeluarkan biaya, agan bisa langsung aja download KaryaKarsa untuk baca karya dari banyak penulis. Dengan banyak bacaan yang agan baca, maka perbendaharaan kata agan juga akan semakin luas.

3. Bank Kata

Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir

Supaya tulisan agan tidak keluar dari kaidah ketatabahasaan yang ada, agan perlu sebuah patokan, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Buat agan yang engga ingin tulisannya monoton dan ingin lebih menarik, Tesaurus berguna banget untuk agan pakai saat menulis. Untungnya, di zaman digital ini, KBBI dan Tesaurus hadir dalam bentuk aplikasi, jadi agan hanya perlu download aja.

4. Bank Platform

Tabungan yang Bisa Bikin Penulis Tajir

Udah engga bisa dipungkiri lagi, akhir-akhir ini penulis aktif memamerkan hasil karyanya di berbagai platform penulisan. Makanya, penting bagi agan untuk turut serta membagikan karya-karya agan supaya bisa diapresiasi oleh orang banyak. Kalo agan bingung mau nulis di mana, agan bisa memulai menjadi penulis di KaryaKarsa loh! Untuk daftar sebagai penulis, agan bisa langsung daftar di sini.

Nah, itu dia 4 bank yang wajib dimiliki seorang penulis. Dari 4 bank di atas, bank apa aja yang udah agan punya? Yuk, share di kolom komentar!  Buat agan para pecinta horor. Buku antologi horor Sudut Tergelap bisa dibeli di sini. Selain itu, ada paket ebook lengkap yang bisa agan dapatkan untuk jadi penulis top. Buruan download linkini ya!

danQe
jengge
hisyam.daulah
hisyam.daulah dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.