Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran
Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran
Resiko ikut andil di dalam kejahatan, harus paham agar bisa jadikan ini sebagai pelajaran


Perilaku atau tindak kejahatan, sudah barang pasti menjadi sesuatu yang dilarang dan akan mendapatkan sanksi saat dilanggar karena akan ada hak orang lain (korban) yang direnggut atau kewajiban (pelaku) yang ditinggalkan.

Tindak kejahatan di dunia ini sudah sangat banyak dan beragam, ada tindakan kejahatan yang dilakukan mandiri atau perorangan, ada pula tindak kejahatan yang dilakukan secara berkelompok dengan perencanaan matang dan melibatkan banyak orang sebagai pelakunya.

Pelaku kejahatan sendiri bisa didasari atas berbagai faktor atau penyebab GanSis, mulai dari yang memang memiliki niat untuk melakukan kejahatan, sampai dengan mereka yang terpaksa melakukan kejahatan karena berada di posisi yang terdesak, dalam paksaan, dan terancam.

Tentu apapun alasan melakukan atau mendukung kejahatan, tindakan tersebut tentu tidak bisa dibenarkan. Ikut andil di dalam sebuah tindakan kejahatan akan tetap ada resiko-resiko yang harus dipertanggungjawabkan saat kejahatan yang dilakukan telah tercium dan bersinggungan dengan hukum.

Berikut ini resiko yang akan didapatkan oleh mereka yang dengan sadar mendukung tindak kejahatan meskipun dalam kondisi keterpaksaan.


Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran


1. Ikut Dipersalahkan

Saat Agan dan Sista ikut andil di dalam sebuah tindak kejahatan entah itu secara terpaksa atau atas kemauan dari diri sendiri maka resiko yang akan didapatkan oleh pelaku kejahatan adalah dipersalahkan oleh banyak orang entah itu dari keluarga korban atau dari masyarakat umum.

Dipersalahkan atas sebuah kasus kejahatan yang telah terjadi tentu bukan hal yang mudah, karena omongan orang dan juga sanksi sosial bisa jadi lebih berat dirasakan dibandingkan dengan sanksi hukum yany harus diterima.

2. Mempertanggungjawabkan Perbuatan

Mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan entah itu membantu tindak kejahatan atau menutupinya, pasti akan didapatkan oleh para pelaku entah itu pelaku utama atau penerima perintah.

Sebagaimana hukum yang kita anut bersama bahwa semua orang yang terlibat di dalam kejahatan atau membantu terwujudnya sebuah tibdak kejahatan maka disebut sebagai pelaku kejahatan. Untuk pelaku kejahatan mereka akan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang dilakukan.

3. Kehilangan Kehormatan

Seterhormat apapun seseorang saat mereka telah terbukti melakukan sebuah tindakan kejahatan maka mereka akan secara otomatis kehilangan kehormatan bahkan juga tidak jarang dipermalukan oleh banyak orang.

Hilangnya kehormatan ini akan membuat pelaku merasa stres, karena setelah keluar dari masalah tersebut pun mereka akan tetap mendapatkan label sebagai mantan orang jahat dan jika sampai pernah dipenjara maka akan mendapatkan titel sebagai mantan napi.

Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran


Berikut tadi GanSis sekilas tentang apa resiko dari melakukan kejahatan atau membantu melakukan tindakan kejahatan.

Dari banyaknya kasus kejahatan yang ada dan mewarnai pemberitaan harian tentunya dapat dijadikan sebagai pelajaran bahwa apapun bentuk kejahatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang makan akan menemukan akhir yang menyedihkan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil.


Tahu Apa Resiko Ikut Andil Dalam Sebuah Kejahatan? Jadikan Hal Ini Sebagai Pelajaran


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Tonythompson94
opex46
nurhuda008
nurhuda008 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
42
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.