Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Wajib Untuk Dikunjungi, Ini Beberapa Tempat Wisata Keren di Tubaba Lampung
Memiliki banyak tempat wisata keren dengan spot Instagramable, Tulang Bawang Barat Lampung wajib dikunjungi


Kabupaten Tulang Bawang Barat atau lebih akrab disebut dengan nama singkat Kabupaten Tubaba, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung, Indonesia.

Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat dikatakan masih berusia sangat muda, diresmikan pada tanggal 29 Oktober 2008 dengan hari jadi 3 April 2009, saat ini kabupaten Tubaba baru berusia kurang lebih 15 tahun.

Meskipun tergolong masih sangat muda dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung, Kabupaten Tubaba tidak bisa untuk disepelekan entah itu dari segi infrastruktur maupun tempat-tempat wisata. Selama kurang lebih 15 tahun ini Kabupaten Tulang Bawang Barat berkembang denhan sangat pesat dan menjadi salah satu Kabupaten yang cukup diperhitungkan bukan hanya di Lampung melainkan juga di Pulau Sumatera.

Adapun yang menjadi daya tarik tersendiri atas Kabupaten Tubaba Lampung yaitu tempat-tempat wisata buatan yang jauh berbeda dari daerah-daerah lain.
Tempat-tempat wisata dengan unsur adat dan budaya menjadi ikon dari Kabupaten Tubaba yang patut untuk Agan Sista kunjungi saat singgah ke Provinsi Lampung.

Berikut ini beberapa tempat wisata di daerah Tulang Bawang Barat alias Tubaba yang menjadi rekomendasi dari TS untuk Agan Sista kunjungi.


Quote:

1. Masjid Baitus Shobur

Bagi Agan dan Sista yang sudah mengikuti TS sejak lama pasti sudah tidak asing lagi dengan Masjid Baitus Shobur atau yang lebih akrab disebut Islamic Center Tubaba atau Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna.

Masjid Baitus Shobur ini berada di ibukota dari Tubaba yaitu Panaragan Jaya, tepatnya berada di kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Masjid Baitus Shobur menjadi tempat wisata religi yang unik sebagaimana bentuk masjid yang memang juga sangat berbeda dengan bentuk masjid yang lain. Masjid Baitus Shobur tidak memiliki kubah melainkan berbentuk limas segi lima dengan atap rongga-rongga bertulis kaligrafi Asmaul Husna yang dapat mengeluarkan cahaya matahari saat siang hari ke dalam bangunan masjid, dan akan memiliki warna-warna yang indah saat malam hari.

Masjid ini berdiri dan dibangun di atas kolam, berdampingan dengan bangunan rumah Sesat Agung yang merupakan rumah adat dari masyarakat Lampung.


Quote:

2. Tugu Rato Nago Busanding

Mungkin Agan Sista melihat bahwa bangunan ini sangat unik karena berbentuk naga yang dikendarai oleh pasangan pengantin.

Benar, Tugu Rato Nago Busanding adalah sebuah tugu dengan bentuk dua ekor naga yang menarik sebuah kereta kencana yang ditumpangi oleh sepasang raja dan ratu atau sepasang pengantin Lampung.

Bangunan ini terletak di pertigaan Panaragan Kagungan Ratu, Tulang Bawang Barat, dibangun tahun 2015 atas ide dan gagasan Bupati Umar Ahmad dan wakilnya Fauzi Hazan.

Tempat ini menjadi ikon dari Tulang Bawang Barat karena memang menjadi perlintasan orang-orang dari berbagai daerah yang singgah ke Provinsi Lampung.


Quote:

3. Monumen Megou Pak

Jika dilihat sekilas mungkin Agan Sista berpikir bahwa monumen tersebut adalah monumen yang ada di anime Naruto yaitu patung 7 hokage.

TS pribadi mengakui bahwa monumen Megow Pak memiliki kemiripan dengan patung hokage di dalam anime Naruto, hanya saja keempat wajah yang diukir di monumen tersebut adalah wajah dari leluhur Lampung yaitu 4 tokoh Megou Pak dari Marga Buay Bulan, Marga Tegamoan, Marga Wai Umpu, dan Marga Buay Aji.

Monumen Megou Pak terletak di later S Bandar Dewa, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.


Quote:

4. Taman Budaya Uluan Nughik

Taman budaya Uluan Nughik, adalah salah satu tempat wisata yang patut untuk Agan dan Sista kunjungi karena disini kalian bukan hanya disuguhkan dengan keindahan alam melainkan juga megah dan eksotik nya bangunan-bangunan adat daerah Lampung.

Mengusung konsep kampung atau tiyuh adat budaya, di Uluan Nughik juga terdapat kompleks budaya dan sekolah seni yang bisa untuk menambah wawasan dari pengunjung. Masuk ke tempat ini gratis tanpa dipungut biaya tiket, hanya perlu untuk menyediakan uang 2 ribu rupiah untuk parkir kendaraan motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Adapun lokasi Taman Budaya Uluan Nughik yaitu berada di Unnamed Road, Panaragan Jaya, Tulang Bawang Tengah, West Tulang Bawang Regency, Lampung.


Quote:

5. Wisata Seni Studio Keramik Tanoh Nughik

Wisata seni studio keramik Tanoh Nughik, adalah studio seni keramik yang belum lama dibangun di daerah komplek Uluan Nughik, Panaragan Jaya, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Studio seni keramik ini bukan hanya menyuguhkan hasil karya ssni keramik dari para seniman ternama, melainkan juga menjadi tempat untuk para pengunjung belajar membuat seni keramik.

Studio keramik Tanoh Nughik ini belum lama diresmikan, yaitu pada 21 Mei 2022 lalu oleh Bupati Umar Ahmad.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang beberapa tempat wisata yang ada di daerah tempat TS tinggal yaitu Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung.

Tempat-tempat wisata di Kabupaten Tubaba bukan hanya menyuguhkan tentang keindahan alam melainkan juga menyuguhkan adat budaya, pendidikan, dan juga seni. Memadukan antara kekayaan kebudayaan daerah dengan modern menjadi sebuah daya tarik tersendiri karena dalam satu kali perjalanan wisata bisa mendapatkan banyak pengalaman sekaligus.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
azhuramasda
lutfigilang01
nurhuda008
nurhuda008 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.1K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
Cinta IndonesiakuKASKUS Official
5.3KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.