Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NovellaHikmiHasAvatar border
TS
NovellaHikmiHas
3 Jenis Guru Idaman, Masih adakah Hari ini?

Guru Harusnya Digugu dan Ditiru


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Menyorot sosok guru, tentu tidak akan ada habisnya, baik disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sebagai gerbang ilmu, sebagai pondasi peradaban dan masih banyak lagi.

Terlepas dari ia sebagai manusia biasa yang tidak luput dari salah, khilaf dan lupa, tentu tetap ada hal-hal mulia yang ada pada diri seorang guru.

Beragam guru dengan predikatnya, berikut beberapa saja yang dapat dirangkum oleh TS:

A. Guru Baik
Guru baik adalah guru yang terampil dan kompeten dalam mengajar. Berbagai trik dan cara bagaimana materi yang hendak disampaikan itu dapat diterima, ditangkap dan dipahami dengan baik oleh peserta didik.

Tentu saja hal tersebut tidak semua guru memilikinya atau sanggup menerapkannya dalam proses pembelajaran.

Guru baik mampu menerangkan kepada para murid dari yang tidak paham menjadi paham. Tidak berhenti sampai di situ, setelah paham peserta didik berubah menjadi lebih matang dalam memahami segala materi yang disampaikan.

Lebih-lebih, jika apa yang disampaikan guru itu sanggup diterapkan peserta didik dalam kehidupan keseharian mereka. Atau mungkin saat ada tes, para murid sanggup menerapkan dengan mudah dalam soal-soal yang diberikan.

B. Guru Lebih Baik
Guru kedua adalah guru yang tingkatannya lebih tinggi dan lebih baik dari guru pertama.

Guru kedua ini tidak cukup menyampaikan materi atau teori-teori saja, tetapi ia tidak lupa memberikan contoh yang baik di hadapan para muridnya.

Guru yang komitmen dengan apa yang disampaikan, yaitu dengan memberikan contoh yang baik tanpa dibuat-buat, pastilah para murid juga akan mudah melakukannya pula.

Bukankah sering kita dengar bahwa guru itu digugu dan ditiru. Ungkapan tersebut cukup jelas, bahwa seorang guru itu wajib memberikan tauladan kepada para muridnya.

C. Guru Terbaik
Guru ketiga ini pastilah istimewa. Selain sanggup memahamkan murid yang mulanya tidak paham, lalu menjadi paham, kemudian berlanjut pada memberikan uswah kepada seluruh peserta didik, lantas yang ketiga, adalah guru yang sering memberikan kata-kata hikmah yang dapat mengubah sikap dan pribadi para murid ke arah lebih baik.

Jadi, guru ketiga ini adalah guru yang sering kali didamba, karena setiap kata-kata yang keluar dari lisannya bisa dibilang adalah kata mutiara yang sanggup menginspirasi siapapun.

Semoga masih ada dan lebih banyak lagi guru-guru dengan karakter, ciri dan kondisi seperti tersebut, sehingga murid-murid bisa lebih istimewa.

Wassalamualaikum warahmatullah


Tulisan: NovellaHikmiHas
Narasi: ulasan pribadi

nomorelies
siloh
s3chamdani
s3chamdani dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.