• Beranda
  • ...
  • Health
  • 3 Metode Self-Healing yang Benar, Jangan Salah Ya

muqfaAvatar border
TS
muqfa
3 Metode Self-Healing yang Benar, Jangan Salah Ya


Ilustrasi. Sumber: Di sini



Self healing adalah konsep yang berhubungan dengan proses pemulihan atau perbaikan mandiri dari suatu sistem, tanpa intervensi manusia. Pada teknologi, self healing dapat diterapkan pada sistem komputer, jaringan, atau perangkat lunak untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Pada bidang kesehatan, self healing dapat diterapkan pada proses penyembuhan yang dilakukan oleh tubuh sendiri, tanpa bantuan obat atau intervensi medis.

Berikut adalah tiga metode self-healing yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan mental dan menstabilkan emosi.

1. Self-care 
Adalah proses untuk merawat diri sendiri, baik secara fisik maupun mental. Ini dapat meliputi berbagai aktivitas seperti berolahraga, makan makanan sehat, dan tidur cukup.

Contohnya:
Menyiapkan makan siang sehat, menyempatkan diri untuk berolahraga 30 menit setiap hari, dan menyisihkan waktu untuk mandi dan mengenakan pakaian yang nyaman sebelum tidur.

2. Sugesti positif 
Adalah proses memberikan diri sendiri pujian atau pernyataan positif untuk memperbaiki persepsi diri dan meningkatkan rasa percaya diri.

Contohnya:
Menulis catatan harian yang berisi pernyataan positif tentang diri sendiri, seperti "Saya kuat dan mampu mengatasi masalah" atau "Saya memiliki banyak potensi untuk berkembang."

3. Me-time 
Adalah waktu yang ditetapkan untuk diri sendiri tanpa gangguan dari orang lain. Ini dapat digunakan untuk bermeditasi, berolahraga, menulis jurnal, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Contohnya:
Menyempatkan diri untuk duduk di taman atau di tempat yang tenang selama 15 menit setiap hari, menonton film yang disukai setiap minggu, atau berkumpul dengan teman untuk berbagi cerita.

Self-care, sugesti positif dan me-time dapat digabungkan dengan metode lain seperti terapi seni, jurnal, dan meditasi untuk memberikan kombinasi pengalaman dalam meningkatkan kesehatan mental dan menstabilkan emosi.

Namun lagi, perlu diingat juga self healing bukanlah pengganti dari terapi profesional, dalam kondisi serius sebaiknya konsultasi dengan profesional kesehatan mental.


Referensi tulisan: Sisternet
peuyeum_man
treko
AgusLie007
AgusLie007 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.