muqfaAvatar border
TS
muqfa
Sebenarnya Di Mana Ujung Pelangi Itu?


Ilustrasi pelangi. Sumber: Di sini



Di mana lokasi pelangi berada?

Secara fisik, ujung pelangi sebenarnya tidak memiliki lokasi yang pasti. Pelangi muncul sebagai hasil dari interaksi cahaya dengan tetesan air atau partikel-partikel lain yang tersebar di udara. Cahaya memasuki tetesan air, menerobosnya, dan kemudian dipantulkan kembali ke mata kita. 

Proses ini menyebabkan cahaya difraksi, atau terpecah menjadi spektrum warna-warni yang kita lihat sebagai pelangi. Karena pelangi muncul sebagai hasil dari interaksi cahaya dengan tetesan air yang berbeda-beda, ia tidak memiliki lokasi fisik yang pasti.

Sehingga ujung pelangi itu tidak ada ditempat tertentu, sebab ia merupakan ilusi yang dihasilkan dari kombinasi faktor cuaca, posisi matahari, dan posisi observator.

Pelangi sebenarnya tidak memiliki lokasi yang pasti, tetapi jarak dari pelangi ke posisi observator akan berbeda-beda tergantung posisi observator. Sebuah pelangi yang terlihat dari satu tempat, mungkin tidak terlihat dari tempat lain. 

Pelangi yang terlihat cukup dekat, sebenarnya merupakan ilusi optik, karena cahaya yang membentuk pelangi berasal dari tetesan air yang jauh dari posisi observator.

Jika Anda tidak bisa melintasi pelangi, bagaimana orang bisa mengambil foto dari pesawat?

Pelangi yang dilihat dari udara, seperti yang dilihat dari darat, merupakan ilusi optik yang disebabkan oleh interaksi cahaya dengan tetesan air. Namun pada kondisi tertentu saat cuaca cerah, udara yang cukup bersih dan posisi matahari yang tepat, pelangi yang dihasilkan dapat terlihat dari pesawat. 


Namun yang dilihat dari pesawat ini hanya sebagian saja dari pelangi yang sebenarnya, sebab posisi yang berbeda dari observator, akan menghasilkan pandangan yang berbeda pula.

Kesimpulan

Pelangi adalah ilusi optik yang terjadi ketika cahaya memasuki tetesan air atau partikel-partikel lain dan kemudian dipantulkan kembali ke mata kita. 
Pelangi tidak memiliki lokasi fisik yang pasti karena ia merupakan hasil interaksi cahaya dengan tetesan air yang berbeda-beda. 
Jarak dari pelangi ke posisi observator akan berbeda-beda sesuai posisi observator. 
Pelangi yang terlihat dari pesawat hanyalah sebagian saja dari pelangi yang sebenarnya.

Referensi tulisan: Can You Reach The End Of A Rainbow?
128.199.190.86
azhuramasda
kwacimuffin
kwacimuffin dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.