Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seviona56Avatar border
TS
seviona56
Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Wonogiri Pertajam Program SD-SMP Gratis
Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Wonogiri Pertajam Program SD-SMP Gratis

RADARSOLO.ID-Penuntasan kemiskinan menjadi prioritas kabupaten/kota di eks Karesidenan Surakarta. Tanpa terkecuali Wonogiri. Salah satu cara yang dilakukan pemkab setempat adalah lewat bidang pendidikan, yakni menggratiskan biaya pendidikan SD-SMP.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, tahun ini, pihaknya berupaya menguatkan kembali komitmen mengentaskan kemiskinan. “Yang jadi prioritas kami adalah menurunkan angka kemiskinan di Wonogiri,” jelasnya, belum lama ini.

Yang dilakukan adalah meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Menurut Joko Sutopo, ketika IPM bisa diintervensi, kualitas sumber daya manusia (SDM) juga naik. Diharapkan berbanding lurus dengan pendapatan masyarakat.

Merujuk data Pemkab Wonogiri, kemiskinan di Kota Sukses sekitar 10 persen. Bupati meyakini, program yang sudah dipersiapkan mampu menekan angka kemiskinan di bawah 10 persen.

“Kalau masyarakat miskin, banyak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi. Maka indeks rata-rata pendidikan di Wonogiri rendah. Ini yang kami intervensi,” ujarnya.

Salah satu intervensi yang dilakukan Pemkab Wonogiri adalah menggratiskan biaya pendidikan SD-SMP. Selain itu, sejak 2016, telah terlaksana program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang berganti nama beasiswa bagi pemuda berprestasi. Setiap penerima mendapatkan beasiswa senilai Rp 12 juta.

“Itu bagian dari strategi kami untuk mengurai angka kemiskinan. Salah satu poinnya memang di pendidikan. Kalau kualitas SDM naik, maka mindset-nya juga terpengaruh dan berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki,” ungkap bupati.

https://radarsolo.jawapos.com/daerah...sd-smp-gratis/
sc5
lepas.monas
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
1
503
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.