Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Kepuasan Masyarakat Atas Pemerintah Karena Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur
Kepuasan Masyarakat Atas Pemerintah Karena Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur

Hasil survei nasional Universitas Bakrie menemukan, tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Pemerintah meningkat.

Tim Peneliti Laboratorium Politik Universitas Bakrie, Muhammad Tri Andika Kurniawan mengatakan, peningkatan itu terlihat saat dibandingkan dengan hasil survei mereka di bulan Oktober 2022.

"Kita coba bandingkan dengan temuan survei kita di bulan Oktober. Ternyata mereka yang puas dan sangat puas itu cenderung mengalami kenaikan," kata Andika, di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Jumat (6/1/2023).

Andika menjelaskan, untuk responden yang menyatakan cukup puas terhadap kinerja Pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin, meningkat menjadi 64,45 persen.

"(Cukup puas) dari 64 persen (data Oktober 2022) menjadi 64 persen. Jadi ada kenaikan dua sekian persen untuk yang cukup puas," jelasnya.

Kemudian, untuk masyarakat yang menyatakan sangat puas. Andika menyebut, meningkat dari 10 persen menjadi 17,9 persen.

Sementara itu, responden yang menyatakan tidak puas mengalami penurunan, dari 20,62 persen menjadi 15,44 persen.

Kemudian, Andika melanjutkan, masyarakat yang menyatakan sangat tidak puas juga mengalami penurunan, dari 6,68 persen menjadi 2,14 persen.

Berdasarkan temuan survei tersebut, Andika menuturkan, salah satu faktornya yakni keberhasilan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jokowi.

"Terutama pembangunan jalan tol dan malam tahun baru kemarin. Saya yakin banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan fasilitas tol yang dibangun oleh pak Jokowi," ucap Andika.

Selain itu, kata Andika, puluhan bendungan turut menjadi faktor yang memberikan impresi positif dari masyarakat kepada kinerja Pemerintah era Jokowi dan Maruf Amin.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan terhadap penduduk Indonesia di 34 Provinsi di Indonesia, pada tanggal 12-27 Desember 2022.

Survei dilakukan dengan media saluran telepon seluler dengan penentuan responden menggunakan metode "Home Location Register".

Kemudian, survei ini akan memiliki margin of error kurang lebih 2,8 persen hingga 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dari total 150 juta database nomor ponsel operator seluler.

https://www.tribunnews.com/nasional/...-infrastruktur
s.c.a.
bukan.bomat
bukan.bomat dan s.c.a. memberi reputasi
2
805
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.